5G Akan Mengubah Hidup Manusia, Benarkah? - Male Indonesia
5G Akan Mengubah Hidup Manusia, Benarkah?
MALE ID | Digital Life

Jaringan 5G bisa mengubah hidup manusia di masa mendatang, benarkah anggapan ini? Saat ini, jaringan 4G LTE telah menghadirkan berbagai fitur andalan yang menjadi favorit pilihan para pengguna di era digital. Sebut saja layanan berbasis lokasi dan video streaming.


Krlis Dambrns

Sekedar informasi, di beberapa kota besar khususnya di Indonesia, rata-rata pengguna smartphone sudah meninggalkan jaringan 3G lantaran koneksi yang lebih cepat di jaringan 4G. Meski, daerah-daerah lain terutama di Indonesia bagian Timur masih mengandalkan jaringan 3G. Adapun daerah yang bertahan di jaringan 2G. Terbatasnya koneksi memaksa banyak daerah bertahan dengan jaringan yang sudah dianggap ketinggalan zaman tersebut.

Berdasarkan penuturan Technology Industry Group Leader APAC GFK Asia Sagar Tamang, kaum milenial perlu bersiap menghadapi kemajuan teknologi dengan adanya jaringan 5G dan terobosan besar di dalamnya. “Fitur yang ditawarkan adalah rendahnya latensi. Sehingga jeda dalam mengirim dan menerima pesan antar perangkat semakin singkat,” tutur Sagar.

Beberapa tahun ke depan, jaringan 5G akan melengkapi jaringan 4G dan berdampak pada keunggulan yang juga meningkat. Setiap perangkat nantinya bisa memiliki koneksi lebih cepat, handal dan lebih efisien. Sedangkan dalam kehidupan era digital, jaringan 5G disinyalir akan merevolusi e-commerce serta membuka pintu bagi peluang bisnis baru dengan teknologi yang dimiliki. Diprediksi layanan ini hadir di Indonesia pada 2020 mendatang.

Bagi setiap orang, koneksi 5G memberi kesempatan untuk memfasilitasi berbagai hal dengan pengalaman teknologi mendalam. Dimana memungkinkan berlangsungnya Internet of Things, antara lain smart housesmart citydrone danvirtual/augmented reality. Semuanya bergantung pada jaringan selulernya.

Berkaitan akan hal tersebut, peran penyedia layanan telekomunikasi sangat penting, untuk menyediakan koneksi stabil bagi para konsumen serta bisnis untuk mewujudkan visi konektivitas 5G mereka. Riset pasar dan wawasan mendalam bisa membantu perusahaan telekomunikasi mengidentifikasi inovasi di dunia bisnis dan berkolaborasi dengan pemain industri. Tujuannya, menciptakan pengalaman baru memanfaatkan teknologi 5G.

Sagar juga mengatakan, kesuksesan 5G memerlukan komitmen tegas dari para pelaku industri untuk membangun model bisnis baru yang inovatif agar mengubah kehidupan manusia. “Semua itu bermanfaat. Baik dari segi konsumen dan bisnis,” kata Sagar.**GP

SHARE