Setiap Hubungan Memerlukan 4 Jenis Keintiman Ini - Male Indonesia
Setiap Hubungan Memerlukan 4 Jenis Keintiman Ini
MALE ID | Relationships

Berbicara keintiman dalam sebuah hubungan, tentu pikiran akan terarah kepada hubungan seksual. Padahal keintiman sendiri memiliki makna yang luas dalam sebuah hubungan asmara. Setidaknya ada empat jenis keintiman yang sama sekali tidak melibatkan seks atau sentuhan.

Photo by Max Rovensky on Unsplash

Dalam laman Mindbodygreen, berikut ini adalah empat jenis keintiman yang harus Anda fokuskan untuk membina atau menciptakan hubungan yang lebih sehat dan memiliki kedekatan dengan pasangan lebih baik.

Keintiman Emosional
Keintiman emosional melibatkan berbagi pikiran dan perasaan yang jujur ??dan otentik. Ini melibatkan kemampuan untuk memberi tahu satu sama lain tentang ketakutan, impian, kekecewaan, dan emosi Anda yang paling rumit, serta perasaan yang terlihat dan dipahami ketika Anda melakukannya. 

Keintiman emosional berarti Anda dan pasangan merasa aman dan nyaman dengan jenis ekspresi tanpa hambatan di sekitar satu sama lain. "Ruang aman" ini dikembangkan oleh setiap orang yang menahan diri dari penghakiman atau penghinaan ketika orang lain berbagi.

Contohnya, pasangan memiliki percakapan yang panjang dan lembut tentang apa yang mereka inginkan dari hubungan mereka, serta apa yang masih menakutkan bagi mereka saat ini. Nah, keintiman emosional ini muncul dari percakapan itu di  mana mereka merasa lebih dekat dari sebelumnya dan lebih dipahami satu sama lain.

Keintiman Intelektual
Kenyamanan dengan mengomunikasikan keyakinan dan sudut pandang tanpa khawatir tentang potensi konflik menciptakan keintiman intelektual. Setiap orang dalam hubungan memiliki kebebasan untuk berpikir untuk diri mereka sendiri, dan percaya bahwa pendapat mereka dihargai.

Suasana ini mendorong percakapan yang merangsang. Anda merasa lebih dekat dengan orang yang peduli pada Anda terlepas dari perbedaan dan menghormati suara Anda. Contohnya, pasangan membaca dan membahas buku bersama. Keduanya bersemangat untuk membandingkan takeaways mereka daripada saling memberi tahu apa yang dimaksud penulis.

Keintiman Pengalaman
Pengalaman bersama menyebabkan lelucon di dalam dan kenangan pribadi yang dapat mengintensifkan koneksi. Tindakan kerja tim dan bergerak bersama menuju tujuan bersama sambil menciptakan pengalaman juga membangun perasaan kedekatan. Ikatan ini adalah hasil dari keintiman pengalaman.

Contohnya, dua sejoli mengunjungi kota yang belum pernah dikunjungi orang, sehingga keduanya akan menemukannya untuk pertama kalinya bersama-sama.

Keintiman Spiritual
Kedekatan ini terbentuk ketika Anda berbagi momen pedih dengan pasangan Anda. Meskipun berdoa dan beribadah sebagai pasangan dapat dikualifikasikan sebagai satu momen seperti itu, ada banyak contoh keintiman spiritual lainnya. Misalnya, Anda dan pasangan berjalan-jalan di taman sambil berpegangan tangan, menikmati keindahan alam bersama.

SHARE