Kesehatan Sperma Terganggu, Hindari Kegiatan Ini - Male Indonesia
Kesehatan Sperma Terganggu, Hindari Kegiatan Ini
MALE ID | Sex & Health

Kesuburan seorang pria ditentukan berdasarkan kualitas spermanya, maka jangan sampai melakukan kegiatan yang mengganggu kesehatan sperma. Bila kualitas spermanya bagus, seorang pria layak dikatakan sebagai pria subur.

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Sperma yang bagus bisa mempercepat proses pembuahan pada wanita. Sebaliknya, sperma yang buruk dapat menghambat pembuahan sel telur wanita sehingga berimbas pada lambatnya proses kehamilan.

Sekedar informasi bagi Anda kaum adam, setiap pria menghasilkan jutaan sperma dalam waktu sehari. Akan tetapi, perlu sekitar 75 hari agar sperma tersebut bisa tumbuh. Di sela-sela waktu tersebut, alangkah baiknya Anda tidak melakukan kegiatan yang bisa mengganggu kesehatan sperma.

Ketika Anda dan pasangan Anda telah resmi menikah, kehadiran seorang anak di tengah-tengah keluarga kecil Anda menjadi prioritas paling utama. Akan tetapi, seringkali para pria tidak menyadari kegiatan yang mereka lakukan bisa mengundang bahaya pada kualitas spermanya. Ada saja faktor yang berpotensi menyebabkan kondisi sperma terganggu, seperti suhu yang tinggi.

Berkaitan akan hal tersebut, perhatikan lima kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan sperma. Antara lain:

Menyimpan smartphone di saku celana
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa menyimpan smartphone di saku celana bisa membahayakan kesuburan pria. Hal ini dikarenakan smartphone memancarkan radiasi dan dapat mengganggu kesehatan sperma. Sayangnya kaum pria belum paham akan bahaya tersebut. Solusinya, cobalah menyimpan smartphone kesayangan Anda di dalam tas agar organ kelamin tidak terpapar radiasi.

 
 

Mengonsumsi minuman bersoda
Sah-sah saja bila Anda mengonsumsi minuman bersoda setelah terserang sengatan matahari dan membutuhkan minuman segar. Namun, mengonsumsinya secara terus-menerus akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh, begitu pula dengan kesehatan sperma Anda. Kandungan glukosa dalam minuman bersoda sangat tinggi dan menyebabkan peradangan yang membatasi pergerakan sperma.

Mengonsumsi alkohol
Karena kandungan glukosa yang tinggi sama halnya seperti minuman bersoda, maka alkohol merupakan cairan yang mendatangkan bahaya bagi kualitas sperma Anda. Terlebih bila mengonsumsi minuman berakohol setiap hari. Anda masih suka dengan minuman beralkohol? Berhenti sekarang juga.

Kurang tidur
Sering mengalami insomnia atau susah tidur? Harap berhati-hati. Pasalnya, dari sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa waktu tidur yang sedikit berpengaruh pada jumlah produksi sperma pria. Anda tentu tidak ingin bukan, pasangan Anda sulit hamil karena kebiasaan buruk Anda? Disarankan agar tidur setidaknya tujuh jam dalam sehari.

Stres
Padatnya aktivitas bisa membuat seseorang menjadi stres. Stres berakibat buruk pada kualitas sperma, dan mengacaukan hormon reproduksi pria. Sperma akan menjadi cacat atau terganggu. Cobalah turunkan tingkat stres Anda dengan refreshing atau berkunjung ke tempat-tempat yang bisa membuat Anda rileks.**GP

SHARE