7 Keterampilan yang Perlu Ada di Lamaran Kerja - Male Indonesia
7 Keterampilan yang Perlu Ada di Lamaran Kerja
MALE ID | Works

Sebelum Anda menulis lamaran kerja secara lengkap, ada beberapa hal yang harus diingat. Karena lamaran kerja Anda hanya memiliki sekitar lima detik untuk menarik perhatian HRD, sebelum mereka menekan tombol "hapus". Jadi penting bahwa Anda harus menuliskan keterampilan yang perlu ada di lamaran kerja Anda.

Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Beberapa "keterampilan" mungkin bukan keterampilan yang berlaku sama sekali. Secara umum "keterampilan bahasa asing" selalu dicantumkan. Tetapi, jika Anda terampil dalam bahasa Jerman namun Anda belum menerapkannya sehari-hari, lebih baik jangan dicantumkan.

Nah, lalu keterampilan seperti apa yang perlu dicantumkan? Mengutip laman LifeHack, berikut ini daftar ketarampilan yang perlu Anda tuliskan di halaman lamaran kerja Anda.

Organisasi
Anda tidak akan pernah bertemu dengan pimpinan yang mengatakan bahwa mereka lebih suka karyawan yang tidak terorganisir. Ya, beberapa pekerjaan memungkinkan disorganisasi sedikit lebih banyak daripada yang lain, tetapi menjadi terorganisir jauh lebih efisien dan efektif dalam pekerjaan Anda. 

Ini adalah salah satu keterampilan kerja di mana itu akan menjadi cukup jelas bagi pimpinan Anda jika Anda memilikinya, jadi jika Anda pernah berorganisasi, tuliskan.

Pendengar Aktif
Pendengar aktif hanya memberikan perhatian penuh kepada orang yang berbicara dengan Anda. Inilah rahasianya, pengusaha menyukai pendengar aktif. Ini berarti komunikasi yang lebih baik, lebih sedikit kesalahan, dan peningkatan produktivitas di sekitar. Apa pun bidang karier Anda, menjadi pendengar yang aktif merupakan aset.

Kerja Tim
Orang-orang yang benar-benar memiliki etika kerja tim yang baik bergerak lebih cepat dalam organisasi dan menjadi orang-orang yang dicari oleh karyawan lain untuk mendapatkan bimbingan dan kepemimpinan.

Kemampuan Beradaptasi
Tanyakan pada ahli biologi mana saja dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa spesies yang gagal beradaptasi pasti akan punah. Anda kemungkinan besar akan memiliki perubahan manajerial di beberapa titik dalam pekerjaan Anda, dan mereka mungkin ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Bagaimana Anda menangani beradaptasi dengan perubahan itu akan menentukan masa depan Anda di posisi itu.

Komunikasi
Komunikasi yang baik sering kali merupakan salah satu keterampilan kerja yang masuk dalam kategori soft skill, tetapi begitu banyak hard skill yang berada di bawah payung ini. Copywriting, desain grafis, penulisan teknis, digital storytelling, dan keterampilan bahasa asing semuanya termasuk dalam kategori ini.

Apakah Anda orang yang dapat menulis siaran pers untuk produk baru perusahaan Anda atau membuat logo yang cemerlang? Ini semua adalah berbagai bentuk komunikasi pesan kepada pelanggan dan akan bermanfaat bagi banyak industri.

Teknologi
Daftar pekerjaan di luar sana yang tidak melibatkan semacam teknologi komputer tampaknya semakin kecil dari hari ke hari. Ini jelas merupakan kategori yang cukup luas dan dapat mencakup segala sesuatu mulai dari Excel hingga Photoshop, Slack, dan bahasa pemrograman seperti Python dan Java.

Manajemen Proyek
Banyak pekerjaan memerlukan keterampilan kerja manajemen proyek yang berbeda, seperti penjadwalan, manajemen risiko, penganggaran, dan negosiasi. Semakin tinggi karier Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan ditugaskan menangani manajemen proyek saat Anda mengambil lebih banyak tanggung jawab. 

Mengetahui cara merencanakan dan melihat proyek mulai dari awal hingga selesai menggunakan berbagai teknologi di industri Anda adalah keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki.

SHARE