Petra Sihombing Bahas Era Digital Lewat Lagu - Male Indonesia
Petra Sihombing Bahas Era Digital Lewat Lagu
MALE ID | News

Petra Sihombing sedang mempersiapkan album terbarunya yang segera dirilis pada tahun ini. Semua lagu dalam album tersebut bakal diluncurkan secara berkala setiap bulan mulai tanggal 23.

Photo: doc. pribadi

Seperti melanjutkan tradisi bulan-bulan sebelumnya jelang rilis album baru, Petra melepas dua single sekaligus berjudul Adu/h dan Udah. Lagu Adu/h ditulis Petra bersama Danilla Riyadi yang merupakan ungkapan hatinya melihat fenomena dunia digital saat ini. 

Single berjudul Adu/h menjadi rilisan kedelapan Petra. Single tersebut mempunyai perbedaan yang sangat kental dengan karya-karya dia terdahulu. Konsepnya adalah dua track lagu dalam satu rilisan. "Sebenarnya saya nggak sengaja sih, awalnya justru satu track. Tapi, lama-lama gua dengarkan, saya merasa harus dipisah karena ternyata punya makna yang sama-sama kuat, tapi bisa saling support," ujar Petra melalui keterangan tertulis.

Single Adu/h menceritakan sekilas mengenai information exchange di dunia digital yang tak ada habisnya. "Ada beberapa cerita yang ditulis secara tidak kronologis. Intinya saya dan Danilla banyak ngebahas hidup di era digital. Semacam sekuel dari lagu Cerita Kita Milik Semua," beber Petra.

Digarap selama masa pembatasan sosial dan karantina mandiri, Petra menyebut single barunya ini tak memiliki relasi dengan karya dari album Semenjak Internet. Namun, ia menyebut ada sedikit persamaan dalam memaknainya.

"Sejujurnya dua lagu ini nggak ada relasi ke masa pandemik waktu saya menulisnya bersama Danilla. Cuma dengan internet yang makin dibutuhkan di masa seperti ini, akhirnya jadi ada hubungannya," terang Petra.

Biarpun Adu/h menjadi judul single utama, track kedua tetap diberi judul berbeda, yaitu Udah. Kiko, anak Petra, ikut menyumbang suara di track kedua ini. Membuatnya terlibat dua kali setelah lagu “Bodoh”.

Sudah setengah jalan menuju rilisan album, Petra pun terus menjaga stamina serta disiplin yang tinggi. Ia ingin semuanya tetap berjalan sesuai rencana meskipun pandemi masih menghantui. Sebelumnya, Petra mengumumkan bahwa dirinya ingin konsisten untuk merilis lagu setiap tanggal 23 selama 10 bulan. Petra Sihombing sempat mengeluarkan sebuah EP bertajuk Verdict Victim pada 2015.

Ia lalu merilis album bertajuk 1/4 pada 2018 dengan lagu yang menjadi andalan seperti “Nirmala”, “1992”, “Bad Lover”, dan “Take It or Leave It” yang berkolaborasi dengan Incognito. Petra Sihombing juga telah memproduseri beberapa musikus seperti Tulus, Hindia, Sivia Azizah, Kunto Aji, Ben Sihombing, Coldiac, Diastika, hingga yang terbaru adalah Nadin Amizah.

SHARE