3 Bahan Ideal untuk Memilih Jersey Sepeda - Male Indonesia
3 Bahan Ideal untuk Memilih Jersey Sepeda
MALE ID | Looks

Tidak ada keharusan, setiap orang mempunyai rasa sendiri terhadap gaya dan kondisi bersepedanya, apakah balapan, commuting, seberapa cepat bersepeda, panas atau dinginnya cuaca bersepeda. Semua berbeda, tetapi ada beberapa alasan teknikal dari mengapa Anda yang mau bersepeda memerlukan jersey sepeda.

Photo by Victor Xok on Unsplash

Jersey sepeda dalah pakaian atau baju yang dirancang khusus untuk olahraga bersepeda. Alasannya sederhana, fungsionalitas. Jersey sepeda dirancang untuk menjadi perlengkapan pendukung terbaik untuk aktivitas gowes.

Sebagian besar jersey sepeda terbuat dari bahan yang akan menghilangkan kelembaban dari tubuh serta membuat nyaman dan sejuk. Kantung belakang sempurna untuk menyimpan makanan ringan, alat, hingga ponsel.

Bentuknya yang pas di badan menjaga pakaian tidak berkibar-kibar akibat dari tiupan angin saat mengayuh sepeda, sebab itu akan berpengaruh terhadap aerodinamis dan juga tentunya lebih nyaman.

Bersepeda dengan kaus longgar akan membuat kurang nyaman, dan tentu saja keunggulan yang ditawarkan jersey sepda tidak akan Anda dapatkan jika mengenakan kaus biasa. Akan tetapi, sebelum memilihnya Anda perlu memerhatikan bahannya lebih dulu. Mengutip laman I Love Bicycling, berikut ini bahan terbaik untuk saat memilih jersey sepeda.

Bahan Polyester
Polyester adalah bahan sintetis yang dapat didaur ulang dan saat ini merupakan pilihan material paling populer untuk kaus bersepeda. Bahan ini sangat membantu menghilangkan keringat dari tubuh dan membuat kulit terjaga tetap kering, menjaga tubuh tetap sejuk ketika cuaca panas, bahkan tahan terhadap sinar ulteaviolet.

Polyester sangat tahan lama, bisa dicuci, warnanya tidak mudah pudar atau hilang, dan jamur tidak dapat bertahan hidup di atasnya. Satu lagi, harga jersey polyester juga terbilang lebih murah daripada bahan lainnya. Sayangnya, ketika memakai bahan polyester beberapa orang kurang nyaman dengan bahannya yang seperti plastik. Sebenarnya ini bisa disiasati dengan mencuci menggunakan pelembut kain.

Bahan Nilon
Nilon adalah bahan sintetis lain yang dikenal karena kekuatan dan elastisitasnya. Nilon sangat mudah diregangkan dan pas di badan sehingga dapat meningkatkan aerodinamika. Selain itu, bahan ini juga mudah menghilangkan keringat, warnanya tidak mudah memudar, serta tahan terhadap jamur, angin, dan air. Artinya, bahan ini cocok untuk segala kondisi cuaca.

Sisi negatifnya, jamur bukan tidak mungkin terbentuk pada jersey berbahan nilon sehingga akan sangat sulit untuk dicuci. Bahan ini juga menyerap bau dan dapat menyusut jika tidak ditangani dengan benar.

Bagi Anda yang sangat peduli isu keberlangsungan lingkungan, jersey berbahan nilon mungkin tidak cocok dengan Anda karena tidak dapat terurai secara hayati sehingga memiliki dampak lingkungan.

Merino Wool
Bahan ini akan membuat penggunanya merasa lebih hangat daripada memakai bahan jersey lainnya. Sebagian besar merino wool tahan terhadap air dan sinar ultraviolet, serta lembut luar biasa. Sayangnya, bahan ini bisa sangat mahal serta bisa terlalu panas dalam cuaca hangat atau panas.

SHARE