Lagu Akad Payung Teduh, Nafas Baru yang Ternodai - Male Indonesia
Lagu Akad Payung Teduh, Nafas Baru yang Ternodai
Sopan Sopian | News

Lagu Akad Payung Teduh menjadi nafas baru setelah lima tahun lamanya tak merilis lagu. Single baru milik kelompol musik indie yang beranggotakan Aziz Kariko, Alejandro Saksakame, dan Ivan Penwyn itu jauh lebih ceria dibanding lagu-lagu Payung Teduh sebelumnya yang terkesan misterius.

lagu akad payung teduh pexels.com 

Lagu Akad Payung Teduh yang dirilis di youtube pada 7 Juni 2017 ini sebenarnya pernah diperbaharui dengan versi audio yang lebih jernih. Hal itu dilakukan satu bulan setelah rilis di youtube. Setelah itu, lagu yang menjadi nafas baru Payung Teduh ini mulai akrab terdengar di mana-mana, mulai kafe hingga pertokoan.

Karena kepopuleran lagu ini, banyak cover lagu Akad dengan kemasan musik yang tidak kalah dari versi aslinya. Semua itu telah bertebaran di platform streaming seperti youtube. Salah satu youtuber yang sukses meng-cover lagu Akad dan menjadi trending ini adalah Hanin Dhiya.

Dengan instrumen keyboard-nya, youtuber cantik ini berhasil meraih 34M viewers, di mana angka ini melebihi apa yang berhasil dicapai Payung Teduh yang hanya mendapatkan 25M viewers semenjak artikel ini ditulis MALE Indonesia.

Bahkan, akun Alffy Rev yang memutar lagu Akad versi pengamen Jogja! berhasil menduduki posisi ketiga setelah akun Payung Teduh sendiri dengan jumlah viewers sebanyak 10M.

Namun, antusiasme serta apresiasi tinggi tersebut ternyata memberikan keresahan bagi Payung Teduh. Pasalnya tidak sedikit pihak yang tak meminta izin untuk meng-cover lagu Akad Payung Teduh itu. Sang frontman, Is, pun akhirnya membuat statement melalui sebuah video yang dia posting di Instagram.

"Sebenarnya saya dan teman-teman Payung Teduh serta manajemen sudah berusaha menahan diri untuk tidak membuat video seperti ini. Tapi melihat brutalnya aktivitas digital terhadap lagu Akad. Terima kasih buat penyambutan lagu Akad, buat apresiasi kalian. Enggak apa-apa sebenarnya, cuma ya ijin saja. Tapi kalau sudah bertindak lebih jauh, kami juga mohon maaf kami harus bersikap. Ya mohon dibantu lah, biar lebih tertib. Kalau yang kadung sudah membuat, tunggu kami samperin," tutur Is dalam video singkatnya.

Menanggapi keluhan Is, warganet juga dengan sigap langsung memberikan dukungan. Mereka memberikan apresiasi atas keberanian Is dalam menunjukkan ketegasan bagi para pihak yang mencari keuntungan dari lagu Akad tanpa izin resmi Payung Teduh.

Namun tidak sedikit juga warganet yang memperingkatkan Is agar bisa menyelesaikan persoalannya dengan kepala dingin. Warganet menyarankan agar mencari jalan yang terbaik dan tidak usah ada yang merasa dirugikan. **

SHARE