Olahraga di Masa Pandemi, Ini Kata Dokter Reisa - Male Indonesia
Olahraga di Masa Pandemi, Ini Kata Dokter Reisa
MALE ID | Sport & Hobby

Kendati masa pandemi COVID-19 dan harus tetap di rumah serta jaga jarak dengan orang lain, olahraga memang perlu agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit, khususnya COVID-19 itu senditi. Namun, nyatanya semenjak New Normal diberlakukan, banyak orang untuk pergi berolahraga di luar.

Photo by M?rti?š Zemlickis on Unsplash

Dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat yang memilih berolahraga di luar jangan sampai tidak menerapkan protokol kesehatan. Sebab, hal itu bisa membawa pulang penyakit lantaran terinfeksi virus corona jenis baru (Covid-19).

"Jika tempat olahraga yang dituju ternyata cukup ramai dan padat, pertimbangkan cari tempat lain. Apalagi jika tidak bisa menjaga jarak aman. Janganlah pulang membawa penyakit padahal tujuan kita pergi adalah untuk sehat," kata Dokter Reisa yang merupakan anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Dokter Reisa juga mengingatkan agar masyarakat tidak menjadikan alasan olahraga untuk berkumpul dan bertemu orang lain. "Olahraga jangan jadi alasan berkumpul tanpa melaksanakan disiplin ketat dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Reisa yang dipantau melalui kanal YouTube.

Dokter Reisa menjelaskan boleh saja berolahraga sambil melepas penat di luar. Namun, ia mengatakan, perlu diingat kembali unsur keamanan adalah yang paling utama untuk mengurangi penularan COVID-19.

Menurut dia, olahraga di luar rumah harus tetap menjaga jarak aman dengan orang lain, terutama ketika tidak bisa menggunakan masker. Kenali dulu risiko di lingkungan sekitar, apakah berada di wilayah yang aman dari sebaran virus baru kemudian tentukan lokasi yang dituju.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jaga jarak aman saat berlari adalah tiga sampai empat meter. Sedangkan jarak aman saat bersepeda adalah 10 sampai 12 meter. Apabila di wilayah sekitar rumah masih banyak terdapat sebaran Covid-19 dianjurkan untuk olahraga di rumah. Masyarakat juga bisa menggunakan alat-alat rumah untuk berolahraga seperti kursi, tangga, atau botol air minum.

Olahraga yang disarankan adalah yang berintensitas ringan hingga sedang. Olahraga berat sangat tidak disarankan karena tubuh membutuhkan waktu untuk kembali pulih sehabis berolahraga dan pada saat itu risiko terinfeksi Covid-19 menjadi lebih tinggi.

SHARE