Tanda Anda Didiskriminasi di Tempat Kerja - Male Indonesia
Tanda Anda Didiskriminasi di Tempat Kerja
MALE ID | Works

Tak memandang tempat, diskriminasi bisa terjadi di mana pun, termasuk di tempat kerja. Terkadang, perilaku diskriminasi ini tidak secara terang-terangan terlihat dari perilaku verbal.

Male IndonesiaPhoto: Unsplash.com

Jika Anda merasa telah didiskriminasi di tempat kerja atau Anda hanya ingin mengetahui tanda-tanda peringatan sehingga Anda tidak menjadi korban, ada sejumlah hal penting yang harus dicari. Dalam laman Recruiter, berikut ini tanda yang perlu diketahui jika Anda sedang didiskriminalisasi di tempat kerja.

1. Pertanyaan Wawancara Mencurigakan
Diskriminasi dapat terjadi dari mulai Anda melakukan wawancara kerja. Pada tahap ini, perilaku diskriminatif dapat mencakup pertanyaan, komentar, atau asumsi yang tidak pantas berdasarkan jenis kelamin kandidat, identitas atau ekspresi gender, usia, ras, dan sebagainya. 

2. Komunikasi Demeaning
Dalam lingkungan kerja yang diskriminatif, Anda mungkin memperhatikan nada atau karakter yang tidak menyenangkan dari interaksi yang Anda miliki dengan rekan kerja atau penyelia. Misalnya jika Anda diajak bicara dengan nada kasar atau merendahkan, atau jika ada lelucon dan komentar ofensif dibuat di sekitar Anda, terutama yang berkaitan dengan ciri-ciri kelas yang dilindungi seperti ras, jenis kelamin, agama, usia, atau orientasi seksual yang bisa menjadi bukti diskriminasi .

3. Tindakan Disiplin yang Tidak Adil
Kritik yang tidak adil atau tindakan disipliner yang tidak adil terhadap Anda dapat menjadi tanda diskriminasi, terutama jika itu berasal dari atasan. Meskipun dimungkinkan, atasan mungkin bertindak karena bias tidak sadar, tetapi juga memungkinkan mereka membuat upaya sadar untuk memulai jejak bermaksud untuk menghentikan Anda dari pekerjaan.

4. Bayaran yang Tidak Sama
Banyak pimpinan melarang karyawan mereka mendiskusikan gaji mereka dengan rekan kerja, tetapi hak Anda untuk melakukannya karena itu dilindungi undang-undang. Membahas gaji dengan rekan kerja Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah ada diskriminasi upah atau tidak.

Jika rekan kerja Anda dalam peran yang sama dengan pengalaman yang sama dibayar lebih dari Anda untuk pekerjaan yang sama, itu bisa menjadi tanda diskriminasi, terutama jika rekan kerja Anda berbeda dari Anda dalam hal ras, jenis kelamin, usia, dll.

5. Referensi Usia
Apakah atasan Anda membuat asumsi tentang pengetahuan Anda tentang teknologi berdasarkan usia Anda? Pernahkah Anda mendengar rekan kerja membuat komentar yang merendahkan atau bercanda tentang orang-orang dari kelompok umur tertentu? Ini bisa menjadi tanda diskriminasi usia di tempat kerja Anda.

SHARE