Sebelum Beli Mobil Bekas, Waspadai Hal Ini - Male Indonesia
Sebelum Beli Mobil Bekas, Waspadai Hal Ini
MALE ID | Sport & Hobby

Musibah banjir yang sering terjadi mengakibatkan banyak mobil bekas banjir yang dibersihkan, kemudian dijual kembali sebagai mobil bekas dalam kondisi “prima”. Oleh karena itu, peminat mobil bekas harus ekstra hati-hati dalam memilih mobil.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Mobil bekas terendam banjir menyimpan segudang masalah. Selain masalah pada mesin, kelistrikan mobil juga sering menjadi bermasalah karena pernah terkena air. Nah, mengutip dari bebagai sumber, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih mobil bekas, apkah mobil bekas terendam banjir atau tidak.

Cium Aroma Mobil
Cara ini adalah cara paling sederhana dan cepat untuk mengetahui mobil yang akan Anda beli bekas banjir atau tidak. Anda bisa mencium aroma di bagian interior mobil. Sebaiknya Anda masuk ke dalam mobil dan tutup semua pintu dan jendela. 

Duduklah di dalam hingga waktu yang cukup lama. Apa bila tercium aroma tak sedap seperti lembab, mobil yang Anda akan beli bisa terindikasikan pernah terendam oleh banjir. Bau tak sedap ini dapat membantu Anda mengidentifikasi mobil bekas terendam banjir. 

Mengecek Interior Mobil
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengecek komponen-komponen interior mobil, termasuk sektor bagasi mobil hingga ke balik karpetnya dimana sebagian mobil menyimpan ban cadangan di dalamnya.

Daerah tersebut merupakan bagian yang paling jarang dibersihkan oleh sebagian besar pengguna mobil. Selain itu, kondisi kain pembungkus jok dan karpet juga bisa diperiksa. Apabila sudah diganti, bisa ditanyakan alasannya pada pemilik mobil sebelumnya.

Di sisi lain, bagian karet pintu yang menempel pada mobil bisa dicek juga dengan melepasnya dan mencari tahu apakah terdapat bekas lumpur atau tidak. Jika menemukan terdapat pasir, tanah, ataupun noda air, mobil tersebut kemungkinan bekas banjir.

Mengecek Perangkat Elektronik
Untuk memeriksa fungsi perangkat elektronik yang terdapat pada mobil, Anda bisa melakukan test drive sambil memeriksa perangkat-perangkat elektronik seperti radio tape, power window, lampu kabin, lampu sein, sekring, dan wiper.

Disarankan setelah diperiksa, ulangi pemeriksaan agar mobil bisa dipastikan dapat berjalan dengan baik. Mobil bekas banjir juga biasanya sulit dihidupkan. Ini menjadi salah satu ciri mobil bekas pernah terendam banjir dan perlu diwaspadai.

Karatan
Ciri lain mobil bekas banjir adalah karat dan korosi. Periksa eksterior, pastikan tidak ada karat yang tidak wajar atau menyeluruh pada body dan kolong. Pada interior, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa, salah satunya adalah karat pada jok mobil dan pedal.

Curigai Jika Harga Cukup Murah
Jika Mobil yang akan Anda beli berada jauh dari harga pasaran sebaiknya waspada. Salah satu alasan masyarakat memilih mobil bekas adalah karena harganya lebih murah daripada beli baru. Namun jangan terkecoh dengan harga yang terlampau murah sebelum melakukan langkah-langkah pemeriksaan seperti di atas, karena berisiko mendapatkan unit dengan kondisi bekas terendam banjir.

SHARE