Cara Agar Baju Lama dalam Lemari tak Berjamur - Male Indonesia
Cara Agar Baju Lama dalam Lemari tak Berjamur
MALE ID | Looks

Selama hampir tiga bulan lamanya bekerja dari rumah, pakaian yang sebelumnya sering digunakan untuk kerja tentu akan tersimpan lama di lemari, karena selama bekerja dari rumah, pakaian untuk bekerja hanya sebatas pakaian santai.

Photo by Lumin on Unsplash

Saat pakaian berada di dalam lemari, pakaian tidak cukup tersinari matahari. Ditabah lagi kondisi udara dengan tingkat kelembapan tinggi. Hal tersebut membuat jamur dan bakteri di udara merusak pakaian kesayangan. Apalagi jika pakaian yang Anda simpan berbahan silk atau kulit.

Ketika pakaian sudah berjamur,tampilan baju jadi tidak menarik akibat ada bercak gelap di permukaan pakaian, juga kadang menimbulkan aroma yang menyengat. Nah, mengutip dari berbagai sumber, agar pakaian Anda terhindar dari jamur, lakukanlah cara-cara berikut ini.

Jangan Tumpuk Pakaian Terlalu Banyak di Lemari
Hindari menumpuk pakaian terlalu banyak di dalam lemari. Pasalnya, baju yang bertumpuk-tumpuk di dalam satu lemari dapat membuat ruangan jadi lebih lembap sehingga akan memudahkan jamur untuk berkembang biak. Terutama jika lemari yang Anda miliki terbuat dari kayu dan tripleks.

Kemas Tumpukan yang Terpisah
Kumpulkan barang-barang yang telah kamu tarik dari lemari, kemudian kemas di dalam kantong kedap udara untuk disimpan. Cara ini akan memberi lebih banyak ruang bagi isi lemari yang lain untuk bisa "bernapas", karena ruang tambahan akan menambah ventilasi, yang membantu mencegah pembentukan jamur. Tips lainnya, pilihlah tas kompresi perjalanan untuk menyimpan pakaian yang jarak digunakan. Ini bisa didapatkan dengan mudah dibeli di situs e-commerce atau toko online lainnya.

Sisihkan Pakaian yang Jarang Dipakai
Mulailah dengan mengatur pakaian di dalam lemari. Setiap mengambil satu pakaian, tanyakan pada diri sendiri. "Apakah saya akan memakai ini sekarang?" Jika jawabannya ya, kembalikan. Jika tidak, keluarkan dan sisihkan.

Gunakan Penyerap Kelembapan
Produk-produk penyerap kelembapan sekali pakai bekerja cukup baik dalam menghilangkan kelembapan berlebih pada pakaian. Produk-produk tersebut mengandung kalsium klorida, garam anhidrat yang bereaksi dengan air dan secara efektif menguncinya. Tempatkan satu di lemari pakaianmu untuk mengurangi kelembaban yang beredar di dalamnya. Untuk hasil yang lebih optimal, jangan lupa untuk menggantinya setiap dua bulan.

SHARE