Arya Novanda Bangun Suasana Baru dalam Soul-Less - Male Indonesia
Arya Novanda Bangun Suasana Baru dalam Soul-Less
MALE ID | News

Musisi Arya Novanda menghadirkan single dengan nuansa funky penuh soulful berjudul Soul-Less. Di single ketiga ini, musisi berusia 22 tahun tersebut hadir dengan sebuah single penuh kritik dengan kehidupan masyarakat saat ini.

Photo: doc. pribadi

"Lagu ini tentang soul-feeding and love-making. Saya bicara ini karena saya cinta kalian semua. Soul itu penting di hidup. Cuma sedikit orang yang peduli dan ‘punya’ soul saat ini. Ini bukan soal akal,” tutur Arya melalui keterangan tertulis.

Dalam single Soul-Less menampilkan kualitas musiknya. Ia harus keluar dari zona nyaman untuk menghasilkan musik yang diinginkan. "Saya menggabungkan berbagai elemen yang saya cinta itu menjadi satu, menjadi musik dan bentuk saya. Menjadi authentic. Menjadi saya,” kata Arya Novanda.

Banyak manusia yang saat ini, ucap Arya, tidak ‘hidup sepenuhnya hidup’ dan tidak ingin mengenal dirinya. Jiwanya kosong, tidak diasah. Tidak percaya sama diri sendiri. Tidak bermakna. Ini pengaruhnya sangat luas dan kuat untuk ‘diri’ manusia. 

"Banyak yang nggak sadar akan masalah penting ini, saya harus speak up. Love is strong. Life is funky. Feed our soul. Be present. Don’t rush. Take your time. Get to know yourself. Music is all around you. L-I-V-E and make L-O-V-E," beber penggemar Jimi Hendrix dan gitaris band Blackteeth ini.

Sebuah fakta menarik terungkap, Arya merekam solo blues gitar lagu “soul-less” di dalam kamar mandi untuk mendapatkan karakter sound solo gitar yang dia mau. Lagu ini di-mixing dan di-mastering di Soup Studios, London.

“Ini jelas bukan musik blues. Blues rock cuma salah satu elemen favorit saya. Selama saya hidup dan mendengar, warna warni dan berbagai musik masuk ke diri saya. Saya menggabungkan berbagai elemen yang saya cinta itu menjadi satu, menjadi musik dan bentuk saya. Menjadi authentic. Menjadi saya," tutur Arya Novanda.

Nama Arya Novanda, disebut-sebut sebagai harapan generasi anak muda terkini untuk bisa mengembalikan trend ‘Guitar Hero’ maupun musik Blues, Rock n Roll dan Soul Music di tataran musik Indonesia.

Kehadiran Arya di industri musik juga kerap menghadirkan musik blues, bahkan ia pernah mendapatkan pujian dari Sandhy Sondoro. “The best blues band in Indonesia (for me at least)”, ujar Sandhy Sondoro ketika melihat penampilan live performance Arya Novanda bersama bandnya membawakan Blues pada Oktober 2019 di Rumah Lestari M BLOC, Jakarta. 

Selain itu, Arya juga sering berkolaborasi dengan band-band ternama Tanah Air dan juga mendapat pujian dari musisi-musisi legendaris. Salah satunya Bimbim Slank. “Dia something nih," ujar Bimbim, saat pertama kali mendengar single kedua Arya, "The Wonder", beberapa waktu lalu.

SHARE