Tanda Anda Miliki Koneksi Emosional dengan Si Dia - Male Indonesia
Tanda Anda Miliki Koneksi Emosional dengan Si Dia
MALE ID | Relationships

Koneksi emosional adalah perasaan keselarasan dan keintiman antara dua orang yang melampaui sekadar ketertarikan fisik, bersenang-senang bersama, atau bahkan kesamaan intelektual. Rasanya seperti Anda terhubung pada tingkat jiwa yang lebih dalam, dan merasa aman menghubungkan itu secara mendalam.

Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Terapis pasangan Josie Rosario, LMSW, MSed dalam laman Mindbodygreen mengatakan, bahwa sama seperti anak-anak, orang dewasa perlu merasakan ikatan yang aman dengan orang dewasa lain. "Itu artinya penting bagi kita untuk mengetahui bahwa seseorang akan tersedia secara konsisten, terutama pada saat kebutuhan fisik atau emosional," tuturnya.

Jenis koneksi seperti yang telah disebutkan, mengilhami hubungan dengan tekstur emosional, menambahkan perasaan penting keamanan yang membangun fondasi bagi keintiman sejati untuk berkembang. Nah, untuk mengetahuinya, berikut ini tanda jika Anda memiliki koneksi emosional dengan seseorang.

Saling Memerhatikan Kebutuhan dan Keinginan
Anda tahu Anda memiliki hubungan emosional dengan seseorang ketika Anda peduli dengan kebutuhan mereka dan mereka peduli dengan kebutuhan Anda. 

 
 

"Ketika ada hubungan emosional dengan seseorang, Anda ingin mereka bahagia. Karena itu, hubungan emosional dengan seseorang secara alami membuat Anda menginginkan mereka untuk mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan dalam hidup," kata terapis Tracie Pinnock, LMFT.

Berbagi Secara Terbuka
Ketika Anda memiliki hubungan emosional dengan seseorang, Anda merasa nyaman berbagi nilai, kepercayaan, dan impian Anda satu sama lain sehingga Anda dapat saling mendukung dan memperjuangkan. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 

Apakah Anda berbicara dengan bebas? Apakah ada hal-hal yang Anda hindari dari percakapan? Jika Anda merasa gugup, Anda akan menakut-nakuti mereka dengan mengungkapkan terlalu banyak, perhatikan emosi itu dan tanyakan mengapa Anda ragu untuk membuka diri. 

Tidak Hanya Saling Mendengar
Ketika pasangan Anda mendatangi Anda dengan masalah atau kekhawatiran, Anda mendapati diri Anda menciptakan ruang bagi mereka untuk mengeluarkannya. Dengan menghentikan aktivitas, mematikan game atau menjauhkan ponsel Anda, dan mengalihkan perhatian penuh Anda kepada mereka, ini membantu pasangan Anda membuka sepenuhnya. Hal yang sama berlaku ketika Anda adalah orang yang membutuhkan bantuan.

Jika orang tidak merasa didengar, itu dapat menyebabkan perasaan malu atau ditinggalkan. Mendengarkan secara aktif menunjukkan hubungan emosional yang nyata. "Mendengarkan secara aktif termasuk hadir dan memperhatikan orang yang berbicara, serta menunjukkan Anda mendengarkan melalui kontak mata dan anggukan kepala," kata Grosso.

Saling Mengenal Secara Mendalam
Anda tidak hanya terlibat dalam aspek dangkal kepribadian seseorang. Anda selangkah lebih maju, memberi seseorang akses ke bagian-bagian diri Anda yang biasanya Anda pesan untuk orang yang Anda cintai. Orang-orang yang mencari hubungan emosional ingin mendalam dan dengan tulus mengetahui pasangan, kekurangan, dan semuanya. 

Tertarik dengan Hobi Masing-masing
"Minat pasangan Anda mungkin bukan hal-hal yang secara alami Anda sukai, tetapi ketika Anda memiliki hubungan emosional dengan seseorang, Anda sering mendapati diri Anda ingin setidaknya mendidik diri sendiri tentang seseorang dari minat mereka sebagai cara untuk menjadi lebih dekat dengan mereka," kata Pinnock. 

Misalnya, pasangan Anda menyukai musik eksperimental dan pergi ke pertunjukan setiap akhir pekan. Meskipun ini bukan musik favorit Anda, Anda tetap ikut karena Anda ingin menghabiskan waktu bersama mereka, meskipun Anda tidak terlalu memahaminya. 

Ini mungkin terlihat seperti usaha kecil, tetapi tindakan kecil itu adalah unsur terpenting yang Anda butuhkan untuk membina hubungan yang kuat. Dengan menaruh minat aktif pada hobi masing-masing, bertanya kepada mereka tentang hal itu atau merencanakan kencan yang Anda tahu akan mereka sukai, itu adalah cara lain yang Anda tunjukkan bahwa Anda memiliki koneksi emosional.

SHARE