Alasan Mulut Anda Bau Setelah Bangun Tidur - Male Indonesia
Alasan Mulut Anda Bau Setelah Bangun Tidur
MALE ID | Looks

Setiap bangun tidur di pagi haru, semua orang tahu bahwa mulut akan mengeluarkan bau yang tak sedap. Sayangnya, hal ini bukan terjadi karena air liur yang mengalir dari mulut ketika tertidur. Pakar memiliki alasan lain selain itu.

Photo by Dmitry Vechorko on Unsplash

Napas bau saat bangun tidur setelah tidur panjang disebut dengan halitosis atau bau mulut. Dilansir di laman Mental Floss, menurut seorang periodontis wilayah Washington DC, Sally J Cram, napas bau di pagi hari disebabkan oleh mulut kita mengering saat kita tidur. Tak adanya uap air dalam mulut, maka bakteri penyebab bau bisa bertambah banyak.

Bahkan, mendengkur atau bernapas melalui mulut bisa memperburuk masalah ini. Selain itu, obat-obatan yang menyebabkan kekeringan mulut dapat membuat situasinya semakin tidak menyenangkan, terutama jika diminum tepat sebelum tidur.

Sayangnya, penderita alergi mendapatkannya dari kedua sisi. Jika mereka minum obat alergi pada saat sebelum tidur, maka mulut mereka kemungkinan akan mengalami bau mulut karena kekeringan. Jika tidak, lendir dari reaksi alergi menghadirkan prasmanan untuk bakteri.

Selain karena keringnya mulut Anda, Healthline menuliskan masih ada beberapa hal yang menyebabkan bau mulut setelah bangun tidur. Seperti makanan yang Anda makan sebelum tidur. Hal itu yang menjadi masalah lain mengapa mulut Anda tercium bau tak sedap setalah bangun tidur.

Mengonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat seperti bawang putih atau bawang yang mentah dapat menyebabkan bau mulut pada keesokan harinya, walaupun Anda rajin menyikat gigi dengan baik. Merokok juga menjadi penyebabnya juga. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan munculnya noda gigi dan perubahan warna gigi secara keseluruhan hingga menumpuknya plak-plak gigi yang akan membuat akar gigi rusak.

Ada beberapa langkah untuk mengurangi bau mulut pada saat bangun tidur. Salah satu langkahnya adalah dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Menggosok lidah pun sangat disarankan untuk dilakukan, hal itu dilakukan setiap menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang. Terlebih, gosok lidah pada bagian belakang lidah, karena di sana bakteri lebih sering berkumpul pada bagian itu.

Jika Anda menggunakan obat kumur, pastikan itu untuk durasi yang disarankan, yaitu selama 30 detik lamanya. Jika kurang dari durasi itu, maka kemungkinan tidak memberikan waktu untuk membunuh kuman di dalam mulut. Cara lainnya adalah dengan minum sedikit air putih sebelum pergi ke kasur. Jika bau mulut berlanjut, mungkin sudah saatnya mengunjungi dokter gigi.

SHARE