Liburan di Era New Normal, Begini Merencanakannya - Male Indonesia
Liburan di Era New Normal, Begini Merencanakannya
MALE ID | Relax

Saat grafik pandemi COVID-19 menurun, semua orang akan menjalani era New Normal atau kenormalan baru. Melalui protokol New Normal, masyarakat harus bisa berdamai dan hidup berdampingan dengan COVID-19 atau dikenal dengan Virus Corona. 

Photo by KAL VISUALS on Unsplash

Mau tidak mau, atau suka tidak suka, untuk dapat beraktivitas kembali Anda harus berdampingan dengan virus yang belum diketahui kapan selesainya ini. Saat itu pula, pariwisata Indonesia juga akan segera dibuka. Artinya, Anda sudah bisa merencanakan liburan kembali setelah sekian lama beraktivitas di rumah saja.

Nah, Anda yang sudah siap-siap merencanakan perjalanan liburan dalam tatanan kehidupan baru ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi pedoman Anda untuk berlibur wisata nanti. Dikutip dari phinemo, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin liburan di era New Normal.

Jadikan Sebagai Terapi Pikiran
Terdapat dua krisis biologis yang terjadi selama pandemi Covid-19 sekarang, yaitu merebaknya Virus Corona dan psikologi. Krisis psikologi termasuk di dalamnya kecemasan, ketidakpastian ekonomi, hingga isolasi sosial. Dengan merencanakan liburan akan bisa mengalihkan dari masalah pandemi karena membuat Anda memiliki sesuatu untuk dinantikan.

Ketika mulai menyusung rencana, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa bepergian saat ini. Selain itu, meskipun kegiatan pariwisata telah dibuka nantinya, bukan berarti sudah aman untuk melakukan perjalanan. Pelarian untuk bisa melihat, bermimpi, dan memikirkan apa yang ingin dilakukan adalah yang paling ideal untuk menjaga kesehatan psikologi.

Mencari Ide di Website Travel
Cari referensi ide liburan melalui internet, di beberapa website travel popular seperti Kayak, Hopper, dan Skyscanner yang akan menunjukkan penerbangan termurah di daerah Anda. Untuk mendapatkan informasi terkait penerbangan murah di destinasi-destinasi internasional, Anda dapat mendaftar di Scott’s Cheap Flights. By The Way dari The Washington Post juga dapat menjadi rujukan untuk melihat ulasan seputar destinasi.

Pertimbangkan yang Diinginkan
Anda harus mempertimbangkan apa yang diinginkan dari perjalanan selanjutnya saat mulai merencanakannya. Evaluasi dari pengalaman paling berarti, berkesan, atau mengecewakan. Pandemi Covid-19 adalah masa jeda untuk industri perjalanan dan wisatawan untuk melakukan pengaturan ulang. Saat perjalanan liburan mulai dibuka kembali, pergilah ke tempat yang benar-benar baru. Sebelum masa itu tiba, baca dan tonton semua hal tentang destinasi tersebut.

Gali Informasi Terkait Destinasi Tujuan
Melakukan riset untuk menggali informasi seputar destinasi tujuan dapat membuat Anda menikmati pengalaman saat merencanakan perjalanan. Selain membaca buku dan menonton film terkait destinasi tujuan, sangat direkomendasikan untuk turut mengetahui kebudayaan dan sejarahnya. Ikuti akun media sosial tokoh-tokoh lokal di sana, mulai dari chef, seniman, atau wartawan untuk mendapatkan informasi menarik lain tak tertulis.

Rapihkan Riset
Setelah memiliki daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi, sebaiknya menyimpannya dalam Google Maps. Beri tempat-tempat tersebut bintang dan buat daftar berdasarkan lokasi spesifik agar terlhat lebih rapih. Saat mendekati jadwal keberangkatan, unduh peta digital Google Map agar bisa diakses tanpa jaringaninternet. Alternatif lain, dapat menggunakan boards di Pinterest, Google Doc, atau peta di TripScout.

SHARE