Rambut Curtain Tampilkan Sisi Manis Gaya Pria - Male Indonesia
Rambut Curtain Tampilkan Sisi Manis Gaya Pria
MALE ID | Looks

Setiap dekade zaman, kalangan pria pada masanya itu memiliki potongan rambut khas yang menjadi tren. Tahun 50-an misalnya, fesyen rambut pria cenderung model pendek rapi di belakang dan samping. Tahun 70-an rambut panjang dan cambang sempat ngetren. Pada tahun 90-an, model curtain haircut banyak digemari.

Male IndonesiaPhoto:Ralph Rabago/pexels.com

Sebut saja pesepak bola tenar asal Inggris kala itu, David Beckham, dan aktor Hollywood Brad Pitt, hingga sejumlah musisi boyband yang tak terhitung jumlahnya, pada masa itu memiliki gaya rambut curtain. Yang terkini, model curtain sering kita lihat digandrungi kaum pria di Korea, mulai dari rakyat biasa, aktor film, hingga kalangan boyband di sana.

Sebab selain simple, curtain haircut juga tetap mengedepankan kerapian meski tidak dipotong pendek seperti gaya pangkas pria kebanyakan. Model curtain menunjukkan sisi manis pria yang memperhatikan penampilan rambutnya. Rambut yang dibiarkan sedikit panjang bagian depannya dengan belahan tengah atau sedikit ke pinggir ini, membuat siapa pun pemiliknya terlihat keren.

Pandangan sekilas pada koleksi pertengahan tahun 2020 ini mengkonfirmasikan kebangkitan fesyen tahun 90-an masih kuat, salah satunya adalah potongan rambut dalam suatu dekade. "Itu (curtain haircut) adalah potongan rambut yang sangat populer di kalangan pria pada akhir abad ke-19," jelas Josh Gibson, kepala sekolah di akademi tata rias rambut, Sassoon Academy, London, dilansir fashionbeans.


"Dengan ikon-ikon terkenal seperti penulis Oscar Wilde dan artis Aubrey Beardsley yang mengenakan tampilan itu, tren ini berlanjut di kalangan pria kelas pekerja hingga akhir tahun 1920-an, dan kemudian kembali secara singkat ketika budaya hippie menyebar dari Amerika pada 1960-an,” katanya.

Kebangkitan curtain di tahun 1990-an ditandai dengan munculnya band-band indie grunge dan band lokal. Vokalis Happy Mondays Shaun Ryder, penyanyi Placebo Brian Molko dan bassis Blur Alex James merupakan pengusung model curtain. Kemudian boyband Take That dan Westlife pun memakai gaya rambut ini. Begitu pula rambut Leonardo DiCaprio dalam film Titanic.

Vokalis Nirvana, Cobain, potongan rambutnya bisa dibilang curtain. Hanya saja bagian depan rambutnya lebih dipanjangkan dan diselipkan ke belakang telinganya. Sehingga rambutnya lebih cenderung memperlihatkan model yang lusuh ketimbang curtain yang dimiliki selebritis lainnya yang tampak lebih rapi.

Rambut lurus lebih baik
Model curtain terlihat paling baik pada pemilik rambut lurus. Jenis rambut ini menekankan tampilan curtain yang lebih khas dan paling mudah membentuknya. Meski demikian, menurut Josh Gibson, tampilan curtain bisa diperbarui dengan membuatnya lebih personal untuk pemilik rambut tak lurus. “Itu bisa disesuaikan dengan bentuk wajah yang lebih sempit dan kekanak-kanakan, tetapi dapat dipotong agar terlihat lebih ramping di wajah. Pada dasarnya, curtain paling cocok untuk seseorang yang memiliki belahan tengah alami,” ujarnya.

Gibson pun mengingatkan, tidak ada gunanya juga bila Anda mengadopsi fesyen rambut namun tidak berhasil membentuk rambut Anda seperti yang diinginkan. Sebab nantinya akan banyak kerumitan dan waktu yang dihabiskan hanya untuk menata rambut seperti itu. Jika rambut Anda ikal atau bergelombang, mungkin sedikit lebih lama menatanya menjadi potongan curtain agar menghindari tampilan yang terkesan kusut.

Nah, apakah Anda ingin mencoba model rambut ini? Memang, gaya curtain terkesan biasa dan pasaran, namun mungkin saja dengan model ini justru mendongkrak tampilan Anda jadi tak mati gaya.

SHARE