Tertarik Ikut Bela Diri? Kenali Kelengkapannya - Male Indonesia
Tertarik Ikut Bela Diri? Kenali Kelengkapannya
MALE ID | Sport & Hobby

Apakah Anda tertarik pada seni bela diri sebagai bentuk kebugaran, metode pertahanan diri, atau olahraga tempur? Jika iya, Anda perlu berinvestasi dalam bagian-bagian penting perlengkapannya. 

Male IndonesiaPhoto by Thao Le Hoang on Unsplash

Ketika berbicara perlengkapan, memang tak jauh dari biaya. Jika biaya merupakan faktor dalam keputusan Anda mengenai seni bela diri mana yang harus dipilih, penting untuk meninjau persyaratan perlengkapan sebelum Anda berkomitmen dalam memilih seni bela diri yang ingin Anda geluti. 

Mengutip laman Life Hack, berikut ini adalah ikhtisar dasar dari perlengkapan yang biasanya diperlukan untuk beberapa bentuk seni bela diri yang paling populer.

Karate dan Taekwondo
Karate dan Taekwondo sangat bergantung pada serangan tradisional, seperti pukulan, tendangan, siku, dan berbagai teknik tangan terbuka. Namun, teknik dan motivasi yang tepat di balik masing-masing seni berbeda-beda.

Sementara menjadi seni bela diri yang terpisah, Karate dan Taekwondo memiliki persyaratan yang sama dalam hal perlengkapan. Biasanya, masing-masing mengharuskan berinvestasi dalam seragam, yang disebut Gi. Gi dirancang untuk memungkinkan bergerak bebas, dan terbuat dari kain tahan lama untuk umur yang panjang. 

Aikido, Jiu-Jitsu Brasil, dan Judo
Aikido, Brazilian Jiu-Jitsu, dan Judo lebih fokus pada bergulat daripada menyerang. Seringkali, seni bela diri ini menampilkan berbagai lemparan. Tiga seni bela diri ini juga memiliki teknik dan prioritas yang berbeda. 

Namun, dari segi persyaratan kelengkapan serupa. Secara umum, murid dapat berpartisipasi dalam seni bela diri ini selama mereka memiliki Gi yang sesuai. Gi yang dirancang untuk seni bela diri ini sering memiliki konstruksi yang berbeda dari yang digunakan oleh seni memukul, karena mereka perlu bertahan untuk dicengkeram dan ditarik secara teratur. Jadi, Gi yang dirancang untuk Taekwondo mungkin tidak bertahan lama di kelas Aikido.

Gulat
Gulat adalah seni bela diri lain yang membutuhkan perlengkapan terbatas. Alih-alih Gi, pegulat memakai singlet, varian dari unitard yang membantu mencegah cedera terkait gesekan karena kontak kulit dengan kulit. Selain itu, head gear dikenakan untuk melindungi telinga selama pertandingan dan latihan.

Tinju dan MMA
Tinju dan MMA adalah seni yang mencolok, tetapi kelas-kelasnya tidak memiliki formalitas seni bela diri tradisional. Pakaian umum untuk kelas hanya perlu memberikan gerakan yang sesuai. Seringkali, hanya celana pendek yang sesuai dapat memenuhi persyaratan, meskipun peserta mungkin dapat memakai barang lain selama latihan.

Salah satu kelengkapan terbesar untuk tinju dan MMA adalah sarung tangan yang tepat. Sarung tinju sangat empuk. Ini membantu memastikan peserta dapat berlatih untuk jangka waktu yang sesuai dengan risiko cedera terbatas, karena satu-satunya serangan dalam tinju adalah pukulan.

Sarung Tangan MMA memungkinkan jari-jari terpapar sehingga peserta dapat berhasil bergulat. Namun, buku-buku jari ditutup untuk membantu melindungi orang yang melakukan serangan dan orang yang ditabrak. Kelengkapan lain juga dibutuhkan selama latiha, seperti pelindung kepala.

SHARE