Mengenal Sistem Pembayaran Non Tunai NFC - Male Indonesia
Mengenal Sistem Pembayaran Non Tunai NFC
MALE ID | Works

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Ini adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima informasi secara aman melalui ponsel mereka dalam jarak dekat (biasanya 4 cm). NFC adalah peningkatan teknologi RFID yang ada yang menggabungkan antarmuka alat pembaca dan smartcard menjadi satu perangkat.

Photo by Jonas Leupe on Unsplash

Ketika alat pembaca dan perangkat pembayaran berdekatan dan diaktifkan, maka ada pertukaran data terenkripsi dari chip NFC yang menyelesaikan pembayaran. Proses ini membuat proses checkout menjadi sangat cepat, sehingga menjadikan pembayaran NFC sebagai salah satu metode pembayaran yang paling aman dan nyaman. Dan sistem ini berada di Android Pay dan Aple Pay.

Banyak aplikasi pembayaran eWallet digital menggunakan NFC untuk keamanan tambahan, karena dompet digital hanya berkomunikasi dengan pembaca NFC ketika pengguna membuka kunci aplikasi pada perangkat, dan memilih kartu pembayaran yang akan digunakan untuk pembayaran.

Manfaat Utama Pembayaran NFC
Menggunakan dompet seluler adalah opsi yang lebih aman daripada membawa kartu fisik. Itu karena aplikasi eWallet digital ini seperti Apple membayar untuk mengubah semua detail bank Anda menjadi sesuatu yang tidak dapat diakses atau digunakan oleh para penipu. Jadi, bahkan jika ponsel Anda dicuri, semua kartu kredit dan detail berharga lainnya tetap terlindungi.

Selain itu, seperti dituliskan laman Digipay, dibandingkan dengan pembayaran yang dilakukan dengan uang tunai, chip, atau kartu PIN, sistem pembayaran NFC jauh lebih cepat. Itu karena pengguna hanya perlu mengetuk kartu NFC atau menempatkan smartphone bertenaga NFC di dekat alat pembaca.

Pedagang juga nyaman karena mereka tidak perlu menunggu pelanggan memasukkan PIN atau mencari uang tunai. Dengan NFC, pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa detik. Salah satu keuntungan terbesar dari pembayaran NFC adalah kemudahan. NFC sangat fleksibel karena mencakup berbagai macam industri dan layanan. NFC memungkinkan pengguna melakukan pembayaran di berbagai tempat seperti pengisian bensin, parkir, tiket film, maupun tiket transit.

Teknologi NFC juga dapat meningkatkan kecepatan proses checkout untuk semua pelanggan. Ini membuat antrian lebih pendek dan meningkatkan pengalaman bagi pemilik toko dan pelanggan.

SHARE