Lama Pakai Masker, Jaga Kulit dengan Vitamin - Male Indonesia
Lama Pakai Masker, Jaga Kulit dengan Vitamin
MALE ID | Looks

Masa pandemi Covid 19 saat ini kita menjalani gaya hidup baru yaitu dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Namun, penggunaan masker secara terus menerus berpengaruh terhadap kesehatan kulit terutama kulit wajah. 

Image by Orna Wachman from Pixabay

Saat menggunakan masker, area kulit yang tertutup masker akan menjadi lebih lembap. Kondisi ini akan menyebabkan produksi sebum berlebih sehingga berpotensi membuat bakteri di kulit menjadi lebih banyak dan menyebabkan jerawat. 

Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi untuk kulit Anda. Mengutip dari beberbagai sumber berikut ini vitamin yang bisa menjaga kulit Anda selama pandemi.

Konsumsi Vitamin C
Vitamin C penting dalam produksi kolagen. Kolagen berperan dalam mendorong pembaruan sel dan dapat membantu memperbaiki luka pada kulit. Bila kulit wajah tampak iritasi atau rusak akibat penggunaan masker, perbanyak konsumsi buah dan sayur sebanyak lima porsi per hari, khususnya buah dan sayur yang kaya vitamin C. 

Vitamin E
Vitamin E merupakan aktioksidan yang dapat membantu merawat dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E bisa didapatkan dari beragam makanan, salah satunya kacang almond. Alternatif lainnya adalah menggunakan krim atau minyak wajah yang mengandung vitamin E. Selain vitamin, perlu juga diperhatikan sejumlah hal agar kulit wajah kita tetap sehat saat memakai masker.

Vitamin B Kompleks
Vitamin B kompleks terkandung dalam beragam jenis makanan, seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang. Vitamin B kompleks mengandung biotin yang merupakan dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel rambut.

Beberapa vitamin B-kompleks juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Sebuah penelitian di tahun 2018 menunjukkan bahwa vitamin B bisa membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Sebaliknya, kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan dermatitis.

Vitamin K
Vitamin K yang dibutuhkan oleh pria dewasa dalam satu hari yaitu 65 mikrogram. Maka dari itu Anda perlu perkaya asupan vitamin K Anda dengan mengonsumsi beragam jenis makanan salah satunya sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi. Vitamin K ini berfungsi untuk masalah kulit memar, bintik hitam, bekas luka, dan lingkar hitam di bawah mata.

Melapisi Kulit
Ada beberapa area wajah yang sangat rentan menjadi iritasi dan terasa perih akibat penggunaan masker. Saat menggunakan masker, lapisi area-area ini dengan kain kasa steril sehingga masker tidak berkontak langsung dengan kulit. Karena tipis, penggunaan kasa tidak akan menyisakan celah di antara kulit dan masker.

SHARE