Tetap Jaga Kesehatan di Hari Raya, Ini Caranya - Male Indonesia
Tetap Jaga Kesehatan di Hari Raya, Ini Caranya
MALE ID | Sex & Health

Perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran biasanya dilakukan dengan berbagai cara. Selain silaturahmi bersama keluarga dan kerabat, menyantap berbagai macam hidangan yang tersaji di meja makan juga menjadi kegiatan yang tak boleh terlewatkan.

Image by the grasshopper from Pixabay

Sayang, di tengah perayaan hari kemenangan, cukup mudah untuk banyak orang melupakan kesehatan mereka. Sementara itu, setelah berpuasa selama sebulan, tubuh perlu waktu untuk kembali ke kebiasaan makan yang biasa. Sedangkan makan makanan berat secara tiba-tiba dapat menyebabkan masalah pencernaan. 

Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan saat Lebaran agar perayaan momen spesial tersebut bisa berjalan lancar. Mengutip laman Doctor NDTV, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda merayakan Lebaran dengan cara yang sehat.

Hindari Gula
Makanan manis tidak diragukan lagi merupakan bagian penting dan salah satu yang paling menggoda dari perayaan Lebaran. Tetapi, Anda perlu memastikan mengonsumsi gula secara tidak berlebihan. Setelah puasa, makan terlalu banyak gula dapat membuat Anda merasa mual dan sakit karena kadar gula darah yang tinggi.

Ingat Sayuran dan Makan Perlahan
Mengonsumsi sayuran setelah puasa selama satu bulan dapat memberi tubuh vitamin dan mineral penting yang terlewatkan selama puasa. Pastikan Anda mengonsumsi makanan secara perlahan. Tidak peduli seberapa menggodanya makanan itu, cara ini baik untuk sistem pencernaan Anda, khususnya saat di pagi hari.

Penuhi Berbagai Pilihan Makanan Berprotein
Untuk mendapatkan makanan yang seimbang, sertakan berbagai pilihan dalam menu makanan Anda. Cobalah mencukupi kebutuhan protein, serat, karbohidrat, dan lemak melalui makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari.

Ambil Porsi Kecil
Masalah gastrointestinal seperti kembung dapat dihindari jika Anda mengambil makanan dalam porsi kecil. Puasa selama sebulan membuat tubuh terbiasa dengan kebiasaan makan yang berbeda. Makan porsi kecil akan sangat membantu dalam mencegah kembung yang tidak menyenangkan.

Makan Probiotik
Masukkan probiotik dalam makanan Anda sebagai bagian dari perayaan Lebaran. Sertakan makanan seperti keju, yogurt, dan bawang dalam makanan untuk meningkatkan bakteri baik di usus.

Makan Sedikit dan Sering
Anda mungkin merasa tidak nyaman jika mencoba mengonsumsi semuanya. Meski sulit untuk menolak, tetapi itulah yang harus Anda upayakan agar tidak ada masalah pencernaan atau dampak buruk lain pada kesehatan. Lebih baik makan dalam porsi kecil daripada menyantapnya sekaligus. Anda harus menyadari apa yang dibutuhkan tubuh dan tidak terlalu menikmati.

Hidrasi Tubuh
Tidak minum dan makan dari senja hingga fajar dapat membuat tubuh dehidrasi. Minumlah banyak air sepanjang hari untuk mengembalikan tingkat hidrasi Anda.

Kembali Makan Normal Setelah Sehari
Tubuh bakal membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan makan normal. Yang terbaik adalah melanjutkan kebiasaan makan normal setelah seharian perayaan. Ini akan membantu dalam mengisi kembali nutrisi di minggu-minggu berikutnya. Kembali ke makan normal akan tergantung pada kesehatan dan usia Anda.

SHARE