Perut Kosong, Jangan Anda Melakukan Hal Ini - Male Indonesia
Perut Kosong, Jangan Anda Melakukan Hal Ini
MALE ID | Sex & Health

Hari demi hari, tingginya rutinitas dan kesibukan membuat banyak orang sering melewatkan pagi harinya dengan perut kosong. Sebuah kondisi dimana kita belum mengonsumsi makanan apapun dalam waktu yang lama. Biasanya mereka hanya minum segelas air putih, teh dan kopi di pagi hari. Ada juga yang langsung berangkat kerja.

Male IndonesiaPhoto by Damir Spanic on Unsplash

Kebiasaan seperti yang telah disebutkan di atas tentu memengaruhi mood dan energi seseorang untuk mengawali hari. Dalam kondisi kosong, perut akan berasa asam. Merupakan tindakan yang salah bila kita beraktivitas secara sembarangan. Hal ini bisa berakibat fatal pada tubuh, dan mendatangkan kerugian bagi kesehatan. Meski, tidak semua orang segera menyadarinya.

Apa saja kegiatan yang tidak sebaiknya dilakukan ketika perut dalam kondisi kosong? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Minum Kopi
Bila Anda baru saja bangun tidur, minumlah air putih terlebih dahulu. Minum kopi dalam kondisi perut kosong memberi efek berbahaya bagi tubuh, karena kopi mengandung kadar keasaman sangat tinggi. Kemungkinan terburuk adalah masalah pencernaan, ditambah lagi Anda belum sarapan. Bisa dipastikan suasana hati Anda akan down sepanjang hari.

Minum Obat
Meminum obat ketika perut belum terisi asupan makanan dapat mengakibatkan pendarahan lambung. Dinding perut juga akan terkena iritasi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu sebelumnya, meski hanya sedikit.

Olahraga terlalu keras
Aktivitas fisik menginduksi produksi cairan lambung. Tentu berbahaya melakukan olahraga berat ketika perut kosong. Mengapa? Berolahraga dengan perut yang belum terisi makanan tidak membakar lemak, melainkan otot. Anda akan kehilangan massa otot dalam jumlah signifikan.

Adu argumen
Sulit bagi Anda melakukan pembicaraan terutama pada topik yang berat, kemudian terlibat adu argumen dengan lawan bicara Anda. Setidaknya, Anda bisa mengonsumsi minuman hangat terlebih dahulu dalam rangka mengisi energi tubuh. Diskusi bisa berubah menjadi lebih hangat.

Makanan Pedas
Ini juga hal yang harus dihindari ketika Anda ingin makan. Risiko mengonsumsi makanan pedas yaitu maag dan sakit perut.

Tidur
Ironisnya, kurang tidur pun dapat meningkatkan rasa lapar. Namun sangat tidak disarankan Anda melangkahkan kaki ke kasur beranjak tidur dengan perut kosong. Kadar glukosa yang rendah dalam tubuh bisa mengganggu tidur Anda sehingga ketika Anda bangun, tubuh terasa sakit semua.

SHARE