Pengaruh Cashless Terhadap Pendapatan & Pelanggan - Male Indonesia
Pengaruh Cashless Terhadap Pendapatan & Pelanggan
MALE ID | Works

Konsumen saat ini menuntut kenyamanan, kecepatan, dan pilihan yang lebih luas tentang bagaimana mereka dapat mengelola semua transaksi dan pembayaran mereka. Permintaan yang begitu tinggi dari pelanggan ditambah dengan persaingan yang ketat, membuat bisnis sangat sulit untuk bertahan hidup.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Pembayaran non-tunai (cashless) telah muncul sebagai solusi sempurna untuk menangani masalah yang disebutkan di atas. Cashless juga telah mengurangi ketergantungan pada uang tunai dan telah mendorong pelanggan untuk mengakses layanan perbankan dengan sangat mudah.

Dengan pembayaran non-tunai, pun dapat membuktikan menjadi elemen penting dalam meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Alasannya jelas, pembayaran non tunai membuat proses melakukan transaksi sangat mudah, nyaman, dan cepat yang pada gilirannya menghasilkan lebih banyak pelanggan yang melakukan pembayaran ke bisnis Anda. 

Akan tetapi hal tersebut pun tidak begitu saja didapatkan, mengutip laman Digipay, Anda sebagai pebisnis masih harus melakukan beberapa trik ketika ingin mendapatkan kepuasan pelanggan yang kemudian akan berpengaruh terhadap pendapatan Anda melalui pembayaran non-tunai.

Transaksi Harus Lancar
Hal pertama yang diperlukan untuk kepuasan pelanggan adalah membuat pengalaman transaksi pelanggan lancar. Sehingga Anda perlu memiliki beberapa dompet digital untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Perlu diketahui, saat ini pengguna dapat mengakses banyak layanan perbankan dengan duduk di rumah mereka dan mengetuk beberapa tombol untuk membeli kebutuhan mereka.

Akses Sekali Sentuh
Saat memberlakukan pembayaran non-tunai. Sebaikanya Anda sebagai pebisnis juga jangan membawa pelanggan ke berbagai menu. Seperti dikatakan di atas bahwa pelanggan menuntut kenyamanan dan kecepatan. Itulah mengapa menjadi penting untuk memberi pelanggan Anda akses sekali sentuh ke dukungan pelanggan di mana pelanggan dapat menyelesaikan semua masalah mereka.

Program Loyalitas
Karena persaingan yang ketat, retensi pelanggan menjadi tugas yang sulit. Selain itu, sifat pelanggan yang berubah-ubah membuat retensi pelanggan semakin sulit. Inilah alasan mengapa menjadi penting untuk membangun hubungan jangka panjang dan berkelanjutan dengan klien Anda dan memanfaatkan kemungkinan tak terbatas yang ditawarkan teknologi.

Dengan pembayaran non-tunai, Anda dapat membuat program loyalitas pelanggan yang dapat membantu Anda mencapai sasaran pelanggan. Program loyalitas Anda dapat terdiri dari beberapa hal seperti diskon dan penawaran eksklusif, memberikan barang gratis sesekali, memberikan poin yang dapat ditukarkan, memberikan bonus referensi, dan banyak lagi.

SHARE