Ada yang Lebih Hebat dari Tiga Pesepak Bola Ini? - Male Indonesia
Ada yang Lebih Hebat dari Tiga Pesepak Bola Ini?
MALE ID | Sport & Hobby

Beberapa tahun terakhir, kehebatan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Neymar Jr dalam mengolah si kulit bundar sulit dicari bandingannya. Namun, mantan bintang Brasil Edilson mengatakan bahwa ia lebih baik daripada ketiga superstar tersebut saat di puncak karier bermainnya.

Photo: MyCanon/Wikipedia

Saat masih aktif bermain, Edilson membantu tim nasional Brasil memenangkan Piala Dunia 2002 dan juga meraih empat gelar Liga Brasil bersama Palmeiras dan Corinthians. "Yang terbaik, saya bermain lebih baik daripada Neymar," kata Edilson kepada TV Bandeirantes dilansir ESPN. "Dia harus memenangkan Piala Dunia agar menjadi lebih baik dari saya."

Edilson mengaku memiliki kepribadian yang kuat dan agar Messi menjadi lebih baik dari Edilson, maka Messi juga harus memenangkan Piala Dunia. "Cristiano Ronaldo hanya punya kekuatan, dia menendang bola dengan baik dengan kedua kaki, tapi saya lebih terampil darinya," kilahnya.

Messi, bintang Barcelona, punya kesempatan untuk memenangkan Piala Dunia, tetapi Argentina kalah 0-1 dari Jerman di final pada 2014 di Brasil. Ronaldo, pemain depan Juventus, dan Neymar, penyerang Paris Saint-Germain, sama-sama mencapai semifinal Piala Dunia tetapi gagal maju. Tim masing-masing kalah dari Prancis dan Jerman.

Namun, Ronaldo menjadi kapten Portugal ketika memenangkan kejuaraan Eropa pada 2016. Sementara Neymar mencetak penalti kemenangan untuk mengamankan Brasil meraih mahkota olimpiade empat tahun lalu. Brasil juga memenangkan Copa America di kandang tahun lalu, tetapi Neymar absen di turnamen karena cedera.

Siapa Edilson?
Edilson da Silva Ferreira nama lengkapnya, ia lahir 17 September 1971 di Salvador. Mungkin tak banyak yang mengenal namanya karena Edilson banyak menghabiskan kariernya di Brasil, Jepang, dan Timur Tengah.

Dia pernah sekali berkarier di Benfica pada 1994 hingga 1995. Edilson lantas pensiun pada 2016 usai memperkuat klub Taboao de Serra. Di balik kariernya yang biasa-biasa saja, Edilson pernah jadi bagian dari skuat Brasil yang menjuarai Piala Dunia 2002.

Edilson dibawa karena berperan membawa Brasil lolos dari lubang jarum di Kualifikasi Piala Dunia CONMEBOL. Edilson sedari 2001 hingga 2002 membuat enam gol dari 17 penampilan. Dia memang tak banyak bermain di Piala Dunia 2002 dan cuma dua kali saat menghadapi Kosta Rika serta Turki. 

Meski kariernya tidak begitu cemerlang, Edilson berani menyebut dirinya lebih hebat ketimbang Ronaldo, Messi, atau kompatriotnya Neymar.

SHARE