Ucapan Sederhana Ini Bisa Membuat Anda Dihargai - Male Indonesia
Ucapan Sederhana Ini Bisa Membuat Anda Dihargai
MALE ID | Relationships

Beberapa ucapan sederhana yang Anda sampaikan kepada seseorang mungkin akan membantu menghidupkan pesona diri Anda. Atau bisa juga orang tersebut akan lebih menghargai Anda dan Anda dianggapnya pribadi yang sopan dan menarik.

Male Indonesia

Seperti kata "halo" jika Anda berjumpa dengan seseorang di suatu tempat dan Anda rutin melihatnya, menurut Jacqueline Whitmore, pakar etika dan pendiri The Protocol School of Palm Beach, Florida, Amerika Serikat, sapaan tersebut bisa membuat Anda terkesan positif. "Dan bahkan jika Anda melihat orang tak dikenal tetapi Anda acap berjumpa dengannya, kata ‘halo’ dari Anda akan membuat orang tersebut merasa dihargai. Dampaknya akan baik bagi Anda,” ujarnya, dikutip dari readersdigest canada.

Tolong
Menurut The Emily Post Institute, ucapan "tolong" adalah salah satu kata ajaib jika digunakan pada tempatnya. Cukup Anda mengatakan "tolong", maka bisa mengubah perintah menjadi permintaan dan menunjukkan rasa hormat kepada orang yang Anda ajak bicara.

Terima kasih
"Misalnya ada seseorang melakukan sesuatu yang tidak harus dia lakukan seperti membukakan pintu untuk Anda, atau melakukan tugas rutin seperti membuatkan kopi untuk Anda, lalu Anda mengatakan ‘terima kasih' adalah hal kecil yang membuat orang merasa dihargai," kata Whitmore.

Sama-sama
Jika Anda mendapatkan ucapan terima kasih dari seseorang, maka respons yang baik dan sopan adalah mengatakan "sama-sama" atau "saya senang melakukannya”. Hindari mengatakan "tidak masalah" karena bagi sejumlah orang ada yang menganggap respon itu seolah-olah meremehkannya.


Permisi
Ketika Anda memasuki ruang pribadi seseorang, entah secara sengaja atau tidak sengaja, Anda harus mengajukan permintaan maaf dengan cara mengatakan "permisi." Candace Smith, seorang pakar etika, menjelaskan bahwa "permisi" adalah ucapan yang bermanfaat untuk menggiring percakapan kembali kepada "keseimbangan sosial" dan berfungsi sebagai cara untuk mendapatkan perhatian seseorang, atau berfungsi sebagai peralihan kata yang sopan.

Menyebut Nama
Jika Anda berbicara dengan seseorang (bukan sahabat dekat) dan tidak menyebutnya dengan panggilan “kamu” atau “anda” melainkan memakai nama dia, maka orang tersebut akan merasa dihargai dan dihormati. Menurut The Washington Post, ketika seseorang mengingat dan menyebutkan nama kita, kita merasa dihargai, penting, dan berpengaruh positif pada interaksi kita. Namun juga jangan langsung mempersingkat nama orang, misalnya Michael menjadi Mike, kecuali Anda diminta untuk memanggilnya seperti itu.

Senang bertemu kamu
Ucapan ini lebih kepada sentimental (menyentuh perasaan). Misalnya seseorang bertanya bagaimana keadaan Anda, lalu Anda membalasnya “senang melihat/berjumpa kamu”, maka orang itu akan merasa kehadirannya menyebabkan Anda gembira. Ini akan menimbulkan obrolan obrolan positif untuk proses interaksi selanjutnya.

Ada yang bisa saya bantu?
Ketika melihat seseorang melakukan sesuatu, lalu tanpa diminta Anda mengatakan “Apa ada yang bisa saya bantu?” akan menunjukkan pribadi Anda berempati. Menurut sebuah studi dalam Journal of Social Psychology, peserta yang melakukan tindakan kebaikan mengakibatkan kepuasan hidup yang lebih tinggi. Jadi ketika Anda secara sukarela masuk dan meringankan beban seseorang, secara harfiah atau kiasan, maka jiwa Anda merasa puas bisa membantu dan orang yang dibantu pun akan bahagia dan merasa diperhatikan saat menerima kebaikan Anda.

SHARE