Cara Mengamankan Data Pribadi di Akun Olshop - Male Indonesia
Cara Mengamankan Data Pribadi di Akun Olshop
MALE ID | Digital Life

Sadar atau tidak, bahwa sekarang Anda harus lebih menjaga data pribadi Anda di dunia maya. Karena data pribadi menjadi barang mewah di era digital sekarang ini. Bahkan pakar keamanan siber dari Vaksicom, Alfons Tanujaya menyebutkan bahwa data pribadi lebih mahal dari minyak dunia.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Alfons menegaskan bahwa pengguna internet perlu berhati-hati dengan kasus peretasan yang menimpa beberapa e-commerce di Indonesia. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Tokopedia, Bukalapak, dan Bhinneka mengalami kebocoran data. Bahkan jutaan akun pengguna diperjualbelikan di dark web.

Sehingga ia mengingatkan pengguna untuk berhati-hati terhadap email phishing, terutama untuk beberapa pengguna e-commerce yang datanya telah bocor. Selain itu, jangan menggunakan data yang bocor seperti email, nomer ponsel, dan tanggal lahir sebagai password karena mudah ditebak.

Selain itu, mengutip laman Just Ask Thales, berikut ini ada beberapa langkah untuk dapat mengamankan data pribadi Anda di akun olshop (online shoping).

Pastikan Koneksi Anda Aman
Pertama, selalu pastikan PC Anda mutakhir dengan perlindungan anti virus dan anti spyware. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel, pastikan koneksi Anda aman yakni terenkripsi dengan akses yang dilindungi kata sandi dan tepercaya. Bila perlu, hindari berbelanja dari hotspot umum.

Berbelanja di E-commerce yang Aman
Selain koneksi yang aman, Anda juga perlu memastikan telah melakukan belanja online dengan toko yang memiliki reputasi yang baik.

Tingkatkan Keamanan Pembayaran
Lebih lanjut, ketika bank atau merchant Anda memberi opsi untuk menggunakan perangkat keamanan pribadi online seperti teknolohi kartu cerdas atau pembaca kata sandi satu kali (OTP) gunakanlah itu.

Pasalnya mampu memberikan tingkat perlindungan yang tinggi karena meskipun seseorang berhasil mencuri kata sandi Anda, ia tidak dapat menggunakannya karena mereka tidak memiliki perangkat keamanan. Pastikan Anda tidak, menyimpan informasi pembayaran Anda untuk pembelian di masa mendatang.

Gunakanlah Password yang Aman
Anda juga perlu melindungi akun e-commerce dengan kata sandi yang kuat dan aman. Jangan gunakan tanggal lahir, nama, dan alamat Anda untuk kata sandi. Pastikan kata sandi Anda tidak familier dan terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Bila Anda menggunakan beberapa akun, Anda juga perlu membedakan password tersebut agar lebih aman.

SHARE