Kesulitan Mencari Kerja, Coba Lakukan Hal Ini - Male Indonesia
Kesulitan Mencari Kerja, Coba Lakukan Hal Ini
MALE ID | Works

Sedang sulit mencari kerja? Anda tidak sendirian mengalaminya. Di luar sana, banyak orang baik fresh graduate maupun yang berpengalaman sekalipun sulit mencari kerja lantaran merosotnya perekonomian sejak beberapa tahun belakangan ini.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Mendapat predikat sebagai seorang pengangguran tentu tak mengenakkan, apalagi di saat teman-teman Anda yang lain sudah memegang jabatan prestisius di suatu perusahaan. Memang benar, Anda bisa meminta kepada teman agar memasukkan Anda ke perusahaan di mana mereka bekerja. Namun terkadang kegagalan menghalangi upaya Anda mencari nafkah. Atau mereka merasa malas mengajak temannya sendiri bekerja di perusahaan yang sama. Poin kedua lebih sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini menimbulkan masalah kesehatan mental, seperti stres dan depresi. Bila dibiarkan begitu saja, gejala seseorang terkena gangguan kejiwaan tak dapat dihindari. Kemungkingan terburuknya, bunuh diri. Mengerikan bukan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat sulit mencari kerja. Niscaya kehidupan Anda semakin membaik seiring menurunnya tingkat stres. Antara lain:

Melihat Dunia Luar, tidak Mengurung Diri
Atasi stres Anda dengan eksplorasi seluas mungkin. Sangat wajar bila Anda merasa rendah diri kala tak kunjung mendapat pekerjaan. Yang tidak bisa disebut wajar adalah Anda menjadi malas atau enggan keluar rumah. Anda dianjurkan lebih sering berinteraksi di masyarakat atau melakukan hal lain di luar.

Menjadi Relawan
Menjadi volunteer atau relawan sebuah peristiwa bisa menyurutkan rasa depresi serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Banyak pengalaman berharga yang dapat Anda raih, lalu cantumkan di curriculum vitae Anda.

Kursus/les Bidang Tertentu
Anda perlu sesekali mengambil les atau kursus terkait hal yang Anda gemari. Seperti kursus musik dan keahlian lainnya. Dengan begitu Anda bisa menggali potensi dalam diri. Mengikuti kursus berpotensi memperluas jaringan serta banyak pengalaman.

Mengatur Rencana Keuangan
Siapa saja tentu khawatir akan masalah keuangan mereka sewaktu usaha mencari sesuap nasi belum membuahkan hasil maksimal. Tidak sedikit pihak dibuat depresi karenanya. Sebelum dilanda rasa gamang, coba atur rencana keuangan Anda. Mulai mencatat biaya yang harus dikeluarkan. Dari biaya mencari pekerjaan, keperluan pangan sampai pakaian untuk melamar di perusahaan.

Refleksi Diri
hal terpenting dan perlu Anda pahami, sisihkan waktu sejenak untuk bercermin pada diri sendiri. Apakah usaha yang Anda lakukan selama ini sudah tepat atau belum. Pastikan tak ada kesalahan dalam menuliskan CV ataupun mengingat-ingat bagaimana jawaban Anda ketika ditanyai pihak pewawancara. Seseorang berfokus mencari solusi, bukan menyalahkan orang lain.

SHARE