Membersihkan & Merawat Pemangkas Rambut Listrik - Male Indonesia
Membersihkan & Merawat Pemangkas Rambut Listrik
MALE ID | Looks

Tidak seperti sikat gigi atau pisau cukur, pemangkas jenggot listrik tidak menimbulkan banyak risiko langsung karena tidak masuk ke mulut. Tetapi ketika pemangkas jenggot listrik berulang kali dibiarkan tanpa pembersihan atau pemeliharaan, secara perlahan menjadi tempat bakteri, dan kinerjanya juga dapat berkurang secara signifikan.

Photo by Claudiu Hegedus on Unsplash

Dalam merawat dan membersihkan pemangkas jenggot listrik, tidak cukup hanya dibilas dengan air saja. Mengutip laman Mens Journal. Berikut ini cara untuk membersihkan dan merawat pemangkas jenggot listrik yang Anda miliki.

Memeriksa Pemangkas
Sebelum Anda melakukan pembilasan sederhana, Anda perlu memastikan perangkat listrik Anda benar-benar dapat dibilas. Beberapa perangkat nirkabel tidak dirancang untuk penggunaan basah. Sehingga perlu memastikan apakah pemangkas yang Anda miliki bisa dibersihkan secara basah atau kering.

Sikat Gigi Pemangkas
Biasanya terdapat sikat kecil yang bersamaan dengan pemangkas listrik. Fungsinya untuk membersihkan setelah penggunaan. Tapi kebanyakan itu dibiarkan begitu saja. Jika Anda baru mengetahuinya, dan baru sadar telah membuangnya, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan sikat gigi.

Bersihkan pemangkas listrik Anda secara berkala, dua samapai tiga kali setelah pemakaian. Anda bisa menggunakan sabun mandi, dan letakan di atas sikat lalu gosokan ke pemangkas dengan air hangat. Setelah selesai bilas dengan air panas.

Biarkan Mengering di Tempat yang Sejuk
Setelah dibilas atau dibersihkan, biarkan di tempat sejuk dan kering untuk dikeringkan sebelum disimpan. Jika Anda menyimpannya tanpa membiarkannya kering, akan berisiko berkarat atau menumpuknya bakteri. 

Lumasi Gigi Pemangkas dengan Minyak
Setiap pemangkas biasanya disertakan sebotol kecil minyak untuk melumasi gigi pemangkas listrik Anda. Tetapi jika itu habis, Anda bisa mengisi ulang atau menggunakan botol tetes mata yang berisi minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak bayi. Saat meneteskan minyak, Anda tidak perlu setiap hari. Setetes atau dua tetes setiap bulan di gigi pemangkas sudah cukup.

Untuk meratakan minyaknya, Anda bisa menggunakan sikat gigi (bukan sikat kecil), dan sikat minyak secara merata untuk mendistribusikannya di antara bilah. Nyalakan trimmer selama 30 detik untuk mendistribusikan minyak lebih jauh dan merata.

SHARE