Mengenal Perayaan Malam Penyihir di Republik Ceko - Male Indonesia
Mengenal Perayaan Malam Penyihir di Republik Ceko
MALE ID | Story

Witches Night adalah perayaan tradisional dan sangat populer, yang diadakan setiap 30 April dan memiliki kemiripan dengan Walpurgis Night di negara-negara Skandinavia dan Eropa Utara. 

Photo: libreshot.com

Acara Witches Night biasanya ditandai oleh api unggun di seluruh negeri. Pada malam ini menurut Atlas Obscura 'orang di seluruh Czechia berkumpul untuk bermain game, minum bir, panggang burty sosis, dan membakar patung penyihir di tiang'. Beberapa perayaan paling populer diadakan di Taman Ladronka, Praha.

Mengutip laman Ancient OriginsWitches Night sendiri dalam bahasa Ceko adalah Earodejnice. Perayaan ini berasal dari zaman kuno karena diyakini pada 30 April, para penyihir bertemu di puncak gunung. Api unggun dinyalakan untuk menangkal mantra penyihir dan asapnya dianggap menjauhkan para penyihir dari komunitas. 

Pada pertemuan besar 'patung seperti sapu dengan pakaian tua atau boneka kain besar diletakkan di tengah tumpukan kayu gelondongan, dan orang-orang berkumpul untuk menyaksikannya patung itu dibakar'. Mereka meyakini untuk melindungi orang dari roh-roh jahat untuk tahun berikutnya. 

Ketika sebuah patung muncul dalam semburan api dan jelaga, orang-orang bersorak, ketika itu juga menandakan bahwa seorang penyihir baru saja 'naik dalam asap' kata Atlas Obscura.

Witches Night sekarang lebih tentang bersenang-senang, minum bir dan makan makanan enak, daripada ketakutan akan roh jahat dan ilmu hitam. Kesalahpahaman umum tentang perayaan adalah bahwa mereka kembali berlakunya pengadilan penyihir, yang mengakibatkan kematian ribuan orang tak bersalah di Eropa Modern Awal. 

Menurut Atlas Obscura, Earodejnice adalah versi Walpurgis Night dari Czechia yang dirayakan di Eropa Utara dan Tengah'. Ini adalah festival yang merupakan campuran dari praktik penyembahan berhala, yang berusaha menjaga orang-orang dari mantra penyihir.

Kini, di tahun 2020 perayaan itu sementara di tutup. Selain karena pandemi Covid-19, juga karena kekeringan yang sangat parah di Eropa Tengah, dan yang terburuk di wilayah ini dalam 500 tahun. Dikhawatirkan setiap percikan api unggun dapat menyebabkan lebih banyak kebakaran.

Apabila ingin dilakukan pun, organisasi publik yang merencanakan api unggun besar harus terlebih dahulu memberi tahu Pemadam Kebakaran setempat dan memenuhi persyaratan tertentu. 

SHARE