Di Momen Ini, Anda Dilarang Mengonsumsi Air Putih - Male Indonesia
Di Momen Ini, Anda Dilarang Mengonsumsi Air Putih
MALE ID | Sex & Health

Sudah jamak diketahui, bahwa mengonsumsi air putih sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini dipercaya oleh banyak orang, juga didukung oleh sejumlah penelitian.

Male IndonesiaPhoto by Jana Sabeth on Unsplash

Kendati demikian, tidak setiap saat Anda diperbolehkan mengonsumsi air putih. Ada momen dimana kandungan air putih bisa membahayakan tubuh. Kondisi ini disebut dengan hyponatermia, yang dapat mengakibatkan pusing, merasa bingung, depresi hingga kejang-kejang lantaran tubuh dimasuki terlalu banyak air.

Berikut adalah momen/situasi yang ‘melarang’ Anda mengonsumsi air putih dalam jumlah berapa pun, mau sedikit atau banyak. Seperti dilansir dari Brightside:

Jika Air Mengandung Pemanis Buatan
Pemanis buatan pada air putih dapat meningkatkan nafsu makan. Terdengar bagus? Salah. Itu justru mengakibatkan berat badan bertambah karena Anda makan secara berlebih.

Urin Tidak Berwarna Saat urin berwarna putih atau transparan, tandanya Anda kelebihan cairan. Bila Anda terus meminum air putih, kadar natrium menjadi rendah dan berakibat fatal terhadap kesehatan Anda, termasuk kemungkinan serangan jantung.

Selama Menyantap Makanan

Minum sembari menyantap makanan bisa memicu gangguan pencernaan. Hal ini terjadi lantaran mulut kita menghasilkan air liur dengan enzim penting guna proses pencernaan. Masuknya air putih akan menurunkan kadar air liur. Sehingga, makanan yang tidak tercerna menumpuk di dalam tubuh dan bisa berubah menjadi racun.

Sehabis Mengonsumsi Makanan Pedas
Alangkah baiknya Anda berhenti minum air putih usai mengonsumsi makanan pedas. Pasalnya, sensasi terbakar berpotensi muncul dan membuat situasi bertambah buruk. Akan sangat berbeda apabila Anda meminum susu. Susu mempunyai kandungan zat non-polar, yang mampu menetralkan rasa pedas.

Saat Sudah Kebanyakan Minum
Kebanyakan minum air putih sangat berbahaya bagi ginjal Anda. Mengapa? Ginjal sulit melakukan tugasnya, yaitu mengatur komponen penting di dalam darah.

Sebelum Tidur
Ada dua alasan mengapa Anda dilarang mengonsumsi air putih sebelum tidur. Pertama, Anda akan sering buang air kecil di malam hari, sehingga butuh waktu cukup lama agar bisa kembali tidur. Kedua, organ tubuh seperti ginjal bekerja lambat. Air putih berpotensi membuat wajah dan anggota tubuh bengkak ketika Anda bangun di pagi hari.

Sewaktu Berolahraga
Asupan air yang berlebihan sewaktu berolahraga bisa memiliki efek samping negatif. Yakni peningkatan suhu tubuh dan menimbulkan rasa panas. Di samping itu juga menyebabkan elektrolit menipis. Oleh karenanya dokter merekomendasikan untuk meminum air ketika Anda sudah selesai berolahraga.

SHARE