Catat! 5 Rahasia Jaga Kesehatan Saat Berpuasa - Male Indonesia
Catat! 5 Rahasia Jaga Kesehatan Saat Berpuasa
MALE ID | Sex & Health

Pada bulan Ramadhan setiap Muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh. Tentu hal ini tidak mudah dilakukan. Apalagi di tengah pademi virus yang masih melanda di seluruh negara di dunia.

Photo by Jesper Aggergaard on Unsplash

Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau cairan sekitar 14 jam. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda memperhatikan dan menjaga kesehatan selama Ramadan. Berikut tips menjaga kesehatan selama berpuasa.

Sahur Jangan Mepet Imsak
Sahur saat menjelang berakhirnya waktu sahur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh untuk membakar makanan menjadi energi dengan jarak waktu yang pas. Tapi ingat, jangan sahur terlalu mepet dengan waktu imsak tentunya.

Selain itu, dengan mengakhiri waktu sahur, maka akan memberikan Anda kelancaran melakukan aktivitas lain. Perlu diingat, sebelum menyantap hidangan sahur bersama keluarga, pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun cuci tangan. Rutin mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk mencegah virus.

 
 

Jangan Tidur Setelah Santap Sahur
Setelah sahur, usahakan melakukan aktivitas ringan dan hindari melanjutkan tidur kembali. Ini bukan tanpa alasan karena dampaknya buruk bagi tubuh. Larangan tidur setelah makan sahur ternyata disebabkan oleh akan timbulnya beragam penyakit, seperti memicu obesitas, pertumbuhan bakteri anaerob, stroke dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan serangan jantung.

Lakukan Olahraga Ringan
Sifat malas merupakan sifat yang harus dibuang jauh-jauh. Nah, karena bangun lebih dini untuk sahur, maka rasa malas pun tak terbendung. Bila diikuti rasa malas, potensi bermalas-malasan hingga seharian penuh nantinya cukup besar.

Untuk itu, hindari kebiasaan bermalas-malasan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Bahkan, dengan melakukan aktivitas rutin setiap hari bisa membantu kerja organ di dalam tubuh secara maksimal. Jadi, biasakanlah melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, bersepeda, yoga, senam dan sebagainya pada pagi hari.

Saat berolahraga ringan di luar rumah, pastikan Anda memakai Masker. Pemerintah sudah menganjurkan masyarakat wajib memakai alat pelindung hidung dan mulut setiap kali beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penularan virus dan polusi udara.

Jangan Begadang
Selama puasa, cobalah mengatur jadwal tidur yang teratur. Contohnya, jika Anda sering tidur di atas pukul 11 malam, tubuh akan mudah capai karena harus bangun sahur. Ditambah lagi Anda harus bangun di pagi harinya untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Untuk itu, aturlah waktu tidur Anda sebaik mungkin. Kalau bisa sebelum pukul 11 malam Anda sudah harus tidur. Hal ini penting agar keesokan harinya Anda tetap kuat dan tidak mengantuk saat menjalani aktivitas seharian.

Berbuka Tepat Waktu
Saat waktu berbuka puasa tiba, usahakan langsung berbuka. Apalagi jika Anda adalah penderita maag, segerakanlah berbuka karena jika menunda akan berakibat fatal bagi lambung.

Penting diperhatikan, sebelum Anda menyantap menu berbuka puasa, pastikan mencuci tangan dengan sabun. Namun, apabila Anda tidak sempat melakukannya, gunakanlah Hand Sanitizer. Penyanitasi tangan yang mengandung alkohol ini umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan.

SHARE