Pekerja Baru di Tengah Covid-19, Perhatikan Ini - Male Indonesia
Pekerja Baru di Tengah Covid-19, Perhatikan Ini
MALE ID | Works

Pekerja baru di sebuah perusahaan mungkin akan sedikit gelisah. Apalagi saat baru pertama masuk Anda harus langsung bekerja dari rumah karena pandemi covid-19.

Photo by Bench Accounting on Unsplash

Mungkin kekhawatiran tidak bertemu teman kantor baru, manajer baru, masih sedikit tenang di tengah pandemi. Tetapi kekhawatiran pekerja baru di tengah pandemi yang paling membuat was-was adalah pemutusan kontrak secara mendadak.

"Sangat menakutkan untuk mencoba memulai dengan perusahaan baru di lingkungan ini," kata Carla Bevins, asisten profesor pengajaran komunikasi bisnis di Tepper School of Business, Carnegie Mellon University. 

Dalam laman The Muse, dia merekomendasikan agar karyawan baru tetap fleksibel dan sabar. "Ingatlah bahwa perusahaan mempekerjakan Anda karena suatu alasan," katanya. “Beri diri Anda waktu untuk bergabung dan menjadi nyaman bekerja di lingkungan baru yang aneh ini.”

Kemudian, apa yang sebenernya yang harus diperhatikan oleh pekerja baru di tengah pandemi covid-19 ini? Berikut jawaban yang perlu Anda perhatikan.

Memahami Harapan
Anda mungkin ingin meluangkan waktu ekstra untuk memahami harapan manajer Anda dalam segala hal, mulai dari tugas individu hingga keseluruhan orientasi Anda. Ketika Anda mencoba untuk meningkatkan kinerja Anda dari rumah, periksa untuk melihat apakah ada alat, sistem, atau proses yang perlu Anda pelajari, ketika Anda harus merencanakan untuk mempercepatnya.

Kemduian cari tahu juga apakah ada pelatihan yang dapat Anda akses dari jarak jauh atau seseorang khususnya yang harus Anda hubungi untuk meminta bantuan. Selama satu atau dua minggu pertama Anda, pastikan untuk mencapai tujuan apa yang ingin Anda capai dalam 30, 60, dan 90 hari pertama Anda.

Pelajari Bagaimana Tim Anda Berkomunikasi
Ini sangat penting untuk mendapatkan perhatian yang sama tentang komunikasi dengan bos Anda. Misalnya, apakah mereka suka mendapat pertanyaan satu kali saat mereka muncul di email, melalui obrolan, atau melalui telepon atau panggilan video? Atau apakah mereka lebih suka Anda mengumpulkan banyak pertanyaan?

Memiliki rasa preferensi komunikasi sebagai rekan kerja baru akan membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman bagi semua orang untuk saling mengenal dan menumbuhkan interaksi positif dan produktif.

Minta Informasi Lebih Lanjut
Jika seorang rekan kerja menghubungi Anda melalui email menganai pekerjaan, ajukan pertanyaan kepada mereka untuk lebih memahami peran mereka, apa yang mereka butuhkan untuk Anda selesaikan, dan apa prioritas mereka.

Ini akan membantu Anda memahami bagaimana pekerjaan Anda terkait dengan proyek dan tujuan yang lebih besar dalam organisasi, dan hal tersebut memungkinkan Anda untuk memenuhi permintaan mereka sebaik mungkin, memungkinkan Anda untuk mempercepat pekerjaan, dan pada akhirnya membuat Anda lebih mudah untuk berhasil di perusahaan baru Anda.

SHARE