Ini Dia Deretan Bassist Terbaik di Dunia - Male Indonesia
Ini Dia Deretan Bassist Terbaik di Dunia
MALE ID | News

Dalam sebuah band, pemain bass/basisst acap kali tidak diperhitungkan. Padahal, dalam sebuah band, pemain bass memiliki posisi yang sangat penting. Karena bass adalah sebuah instrumen yang penting demi mulusnya tempo dalam sebuah lagu.

Saking pentingnya pemain bass, seorang bassist sering disebut sebagai "leader in the background", karena perannya yang memegang kendali pada sebuah band. Nah, untuk itu, mengutip dari berbagai sumber berikut ini pemain bass/bassist terbaik dunia.

Billy Sheehan

Photo: MrPanyGoff/Wikipedia

Lahir pada tanggal 29 Maret 1963, Billy Sheehan adalah seorang bassis dari Amerika yang terkenal bersama grup musiknya, Mr.Big. Sebelumnya ia juga pernah tergabung dalam beberapa band, salah satunya Talas. Dia juga pernah bekerja sama dengan beberapa musisi dunia lainnya, diantara Steve Vai, dan David Lee Roth.

Billy Sheehan juga pernah mendapatkan penghargaan “Best Rock Bass Player” dari Guitar Player Magazine untuk permainan gaya lead bass-nya sebanyak 5 kali.  Sheehan juga tercatat sebagai pemain bass yang stabil dan memenuhi peran tradisional juga mendukung bass listrik di bagian irama rock. Permainannya terinspirasi oleh Chris Squire.

Jack Bruce

Photo: Flickr upload bot/Wikipedia

Bernama lengkap John Symon Asher akrab dengan panggilan Jack Bruce dia lahir pada tanggal 14 Mei 1943 dan meninggal pada tanggal 25 Oktober 2014, Jack Bruce adalah seorang musisi, penyanyi, dan penulis lagu Skotlandia yang begitu terkenal karena kontribusinya terhadap group musik Inggris "Cream", sebuah grup musik paling terkenal yang saat itu Eric Clapton sebagai vokalis sekaligus sebagai gitaris dan Ginger Baker sebagai drummer.

Meski dikenal pertama sebagai vokalis, bassis dan penulis lagu, ia juga mahir memainkan double bass, harmonika, piano, cello dan gitar. Dia dilatih sebagai pemain cello klasik dan menganggap dirinya seorang musisi jazz, meskipun sebagian besar katalog komposisinya cenderung mengarah ke rock and blues.

Clifford Lee Burton

Photo: Jens Eriksson/flickr

Cliff Burton lahir pada tanggal 10 Febuari 1962 di Amerika. Dia bergabung dengan Metallica pada tahun 1982 dan dia juga dikenal dengan permainan dengan pendekatan “lead bass”, dimana bass memainkan peran melodi dan solo disamping menahan fondasi harmonik yang berirama dari musiknya. Selang 4 tahun bersama Metallica, Cliff Burton meninggal dunia saat tur bus yang dinaikinya mengalami kecelakaan.

John Myung

Photo: Turkmenistan/Wikipedia

Lahir pada tanggal 24 Januari 1967 di Chicago, John Myung adalah pemain bass dan juga pendiri band Dream Theater. Dia dikenal sebagai pemain bass virtuoso yang secara luas diakui kemampuan tekniknya. Di tahun 2010 Myung terpilih menjadi bassist terbaik sepanjang masa oleh Music Radar. John Myung merupakan personel paling berpengaruh di Dream Theater, karena sebagian besar lagunya diciptakan oleh dia.

Jaco Pastorius

Photo: Leahtwosaints/Wikipedia

John Francis Anthony di kenal dengan panggilan "Jaco", pria yang Lahir tanggal 1 Desember 1951 ini adalah seorang bassis jazz Amerika yang menjadi anggota Weather Report dari tahun 1976 hingga 1981. Dia bersama Pat Metheny seorang gitaris jazz, dan Joni Mitchell dalam merilis album solo mereka.

Teknik harmonik (natural dan false) nya merupakan ciri khasnya yang terkenal, Dia dilantik sebagai "Down Beat Jazz Hall of Fame" pada tahun 1988, salah satu dari lima bassis yang pantas mendapat penghargaan sebagai bassist terbaik.
 

SHARE