Masih Pentingkah Cetak Foto di Era Digital? - Male Indonesia
Masih Pentingkah Cetak Foto di Era Digital?
MALE ID | Digital Life

Di era digital dengan beragam ponsel dilengkapi dengan vitur kamera yang mumpuni, membuat aktivitas fotografi sangat menyenangkan. Ditambah lagi kapasitas memori yang besar, sehingga tidak khawatir untuk mengambil banyak momen dan gambar sebanyak mungkin.

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Mengingat banyak manfaat dari foto digital, Anda bahkan mungkin tidak mempertimbangkan untuk mencetaknya. Kemungkinan jika Anda benar-benar akan mencetak beberapa foto, Anda akan kesulitan menentukan mana yang akan dicetak. Tapi pertanyaannya, masih pentingkah mencetak foto jiak sudah seperti itu? Jawabannya masih penting.

Mengutip Lifehack, banyak alasan mengapa setiap orang masih perlu untuk mencetak foto meski kini zaman sudah berada di era digital. 

Mencetak Foto dapat Mengingat Momen
Karena terlalu sering memotret, terkadang lupa kapan foto itu diambil. Bahkan, saat melihat-lihat foto di telepon tanpa sadar tiba-tiba menemukan foto yang Anda sendiri tidak ingat mengambilnya kapan.

Sungguh ironis betapa terlalu banyak foto membuat Anda lebih buruk dalam mengingat momen-momen berharga dalam hidup. Sebagai contoh, satu minggu lagi dari sekarang, Anda mungkin akan kesulitan mencarinya karena sudah menumpuknya foto yang sudah diambil dan tersimpan di memori telepon Anda.

Maka dari itu, di sinilah alasan mengapa mempertimbangkan kembali cetak foto itu penting. Di sisi lain, cetakan itu konkret. Jika ada foto yang benar-benar Anda sukai (yang telah Anda cetak), Anda dapat meletakkannya di bingkai foto dan meletakkannya di meja Anda. Anda masih dapat melihatnya bahkan setelah Anda mematikan komputer atau mengunci ponsel cerdas Anda.

Tidak Semua Orang Aktif di Internet
Alasan lain mengapa mencetak foto adalah ide yang bagus, karena terkadang berbagi menjadi lebih mudah. Pikirkan orang tua Anda, atau kakek-nenek Anda, mereka adalah orang-orang yang ingin mengingat waktu yang mereka habiskan bersama Anda lebih dari yang lain. 

Mungkin mereka tidak bisa menangani smartphone atau komputer dengan sangat baik, atau mungkin Anda tidak ingin menambahkannya di Facebook. Apa pun itu, foto-foto yang Anda ambil dengan mereka itu penting bagi mereka, dan mereka mungkin ingin melihatnya setiap hari. Untuk itu, mencetak foto adalah ide yang bagus.

Semakin Banyak Foto Digital, Semakin Sulit Dikelola
Selain kehilangan jejak ingatan, foto digital juga menyulitkan Anda untuk tetap teratur. Meskipun tidak memakan ruang fisik (album cetak), menyimpannya bisa lebih sulit daripada yang Anda pikirkan. 

Misalnya, sama seperti komputer Anda tidak lagi memiliki slot untuk floppy disc, tidak ada jaminan bahwa komputer di masa depan dapat terus membaca DVD atau USB flashdrives. Perlu diingat juga bahwa teknologi maju dengan cepat saat ini. Foto digital mungkin tidak bertahan selamanya.

Pelopor Internet Peringatkan tidak Bergantung pada Foto Digital
Vint Cerf, salah satu bapak internet, percaya bahwa informasi digital berisiko menghilang. "Sayangnya, dengan pesatnya perkembangan teknologi komputer, format file berubah. Format yang lebih lama mungkin menjadi tidak dapat dibaca pada perangkat lunak baru. Bahkan hard drive, yaitu bentuk penyimpanan fisik, dapat macet atau menjadi tidak kompatibel seiring berjalannya waktu," kata Cerf.

SHARE