Luput Diperhatikan Saat Menyeduh Kopi Favorit Anda - Male Indonesia
Luput Diperhatikan Saat Menyeduh Kopi Favorit Anda
MALE ID | Relax

Bagi penikmat kopi, secangkir kopi terbaik yang Anda minum sebenarnya adalah yang Anda buat sendiri. Ya, menyeduh secangkir kopi yang enak sepertinya mudah. Hanya saja mungkin Anda pernah melakukan hal-hal di bawah ini, yang sebenarnya justru kesalahan yang mesti dihindari ketika membuat segelas kopi.

Male IndonesiaPhoto: Pixabay.com

Biji kopi sudah lama ditumbuk
Membeli biji kopi yang telah lama ditumbuk atau yang sudah menjadi bubuk sebenarnya mengurangi kualitas kopi. Karena begitu biji kopi ditumbuk, aroma dan kemurnian cita rasanya jadi terlepas. Semakin lama bubuk kopi itu Anda simpan dalam suatu wadah, semakin banyak aroma dan rasa yang berkurang.

Jadi sebaiknya Anda membeli biji kopi sendiri dan menyimpannya dalam wadah yang tepat. Jika Anda ingin mengopi, barulah giling biji kopi tersebut sesuai kebutuhan. Tentunya dalam hal ini, dilansir dari readersdigest canada, Anda harus memiliki alat penggiling/penghalus kopi di rumah.

Air kurang panas
Apakah Anda pernah membuat kopi menggunakan air panas dari termos atau dari dispenser? Sebaiknya jangan, karena suhu panasnya tidak sempurna untuk menyeduh kopi. Idealnya suhu air membuat kopi adalah 90,5 derajat Celsius hingga 96 derajat Celsius (195 derajat Fahrenheit hingga 205 derajat Fahrenheit). Air dalam kisaran suhu ini akan mengekstrak rasa paling maksimal dari bubuk kopi.

Namun juga tak baik dengan suhu air 100 derajat Celsius. Karena air yang terlalu panas bisa membuat ekstraksi kopi jadi berlebihan sehingga menimbulkan rasa lebih pahit. Maka dari itu, setelah air mendidih, biarkan selama kurang lebih 30 detik untuk mendapatkan suhu ideal. Kemudian seduhlah kopi.


Menuang ke cangkir dingin
Bila Anda menuangkan cairan panas ke dalam wadah bersuhu lebih rendah, maka panasnya tidak akan bertahan lama, sehingga kopi akan kurang nikmat saat diseruput. Jadi sebaiknya hangatkan terlebih dahulu cangkir Anda dengan mengisi air putih hangat. Diamkan beberapa saat lalu kosongkan isi cangkir. Kemudian barulah cangkir diisi dengan seduhan kopi.

Beberapa jenis cangkir yang fungsional memang bisa digunakan untuk berbagai jenis minuman. Namun cangkir seperti itu biasanya tidak membuat suhu panas tahan lama. Maka sebaiknya gunakan cangkir berdinding tebal karena bisa mempertahankan suhu panas kopi mengepul lebih lama.

Pilihan jenis gula
Bagaimana cara seseorang meracik kopinya adalah masalah pilihan pribadi. Tetapi disarankan cobalah mendapatkan rasa yang paling nikmat untuk secangkir kopi Anda.

Sebagai pemanis agar kopi Anda sedap, pilihlah gula jenis turbinado. Gula ini berasal dari tebu mentah yang mengalami sedikit penyulingan. Rasanya lebih enak daripada gula putih. Jenis gula ini juga berfungsi untuk membakar kalori dalam tubuh.

Kualitas air
Kualitas air yang dimasak untuk membuat kopi juga memengaruhi rasa. Jika selama ini Anda menggunakan air yang mengalir dari keran, sebaiknya hentikan, karena kandungan air keran banyak kadar asamnya. Nanti Anda benar-benar akan merasakan perbedaan antara kopi yang diseduh menggunakan air keran dibandingkan dengan kopi menggunakan air yang telah diproses penyaringan atau air kemasan. Hasilnya jauh lebih terjamin nikmatnya menggunakan air proses penyaringan. Buktikan saja! 

SHARE