IKAL49 Bantu Hadapi Kesulitan di Tengah Pandemi - Male Indonesia
IKAL49 Bantu Hadapi Kesulitan di Tengah Pandemi
MALE ID | Whats Up

Dampak yang ditimbulkan dari fenomena Covid-19 memengaruhi kondisi ekonomi di masyarakat. Melihat perputaran ekonomi menjadi mandek yang berakibat lansung pada kehidupan pekerja di sektor informal, yang mana, mereka menggantungkan hidupnya dari penghasilan harian. 

Sebut saja pengemudi ojol, supir taksi, pedagang kaki lima, pemulung, dan sebagainya. Hal itu menyebabkan kurangnya pendapatan mereka, bahkan terancam kehilangan pekerjaan.

Untuk menopang perputaran ekonomi, Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI XLIX (IKAL49) menolong pekerja informal untuk terus bisa bekerja, dengan mengadakan kegiatan berupa penyedian dan penyaluaran nasi kotak kepada masyarakat yang langsung terkena dampak. 

Kegiatan tersebut telah dimulai sejak tanggal 3 April 2020 di sekretariat IKAL49, Jl Kendal No 1, Menteng, dan rencananya, akan dilaksanakan selama 60 hari berturut-turut, dengan tambahan lokasi di Jl Kebon Sirih, Depok 2, RTC Makasar, serta tempat tempat lain yang sesuai kebutuhan dan permintaan.

IKAL49 juga akan membentuk semacam bank pangan berupa penampungan sayur, buah2an dari petani utk dipasarkan di kota Jakarta dan sekitarnya, utk tujuan mempertahankan keberlangsungan ekonomi petani. Salah satunya adalah mendukung dimulainya usaha pemasaran @sayurkendal di jakarta dan meninjau proses penanaman sayur di depok dan bogor.

Widodo Sigit Pudjianto, anggota IKAL49 menyatakan, bahwa kegiatan ini sebagai bakti dan dedikasi IKAL49 dalam kegiatan nyata yang berkontribusi terhadap masyarakat.

"Mewakili IKAL49. Rangkaian kegiatan ini akan dilanjutkan terus secara konsisten agar bisa mewujudkan semangat kebersamaan, berbagi untuk Bangsa dan Negara tercinta,” ucap Widodo Sigit Pudjianto. 

"Bersama, bersatu kita bisa melewati masa sulit ini, demi Indonesia yang lebih baik, harus sedia turun tangan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, untuk membantu mereka dalam menghadapi kesulitan." pungkasnya.

SHARE