Haruskah Selalu Mengambil Promosi Jabatan? - Male Indonesia
Haruskah Selalu Mengambil Promosi Jabatan?
MALE ID | Works

Ketika berbicara tentang kebahagiaan di tempat kerja, biasanya fokus pada cara-cara untuk meningkatkan kepuasan dan mendapatkan posisi jabatan yang luar biasa. Meskipun posisi penting dalam perusahaan itu menggiurkan, nyatanya tidak semua orang menyukai itu.

Photo by Hunters Race on Unsplash

Survei CNBC/SurveyMonkey menemukan bahwa 85 persen pekerja Amerika senang dengan pekerjaan mereka. Di dalam survei tersebut, sebagian besar pekerja tidak selalu gatal untuk posisi baru.

Tidak dapat dipungkiri, posisi atau jabatan tertinggi dalam perusahaan itu baik, karena dapat meningkatkan kebahagiaan dalam sisi keuangan Anda. Namun, yakinkah promosi jabatan itu tepat untuk Anda?

Sebelum menjawab itu, menurut laman Recruiter, apabila  bos Anda menawarkan promosi kepada Anda, jangan terima secara otomatis. Sebaliknya, luangkan waktu untuk merenungkannya. Carilah tanda bahaya ini yang memberi sinyal bahwa langkah ini mungkin bukan untuk kepentingan terbaik Anda.

Luangkan waktu untuk memikirkan di mana Anda ingin pekerjaan Anda membawa Anda dalam jangka panjang. Apakah promosi ini merupakan langkah ke arah itu? Jika Anda mengambil jalan memutar atau mewakili gerakan lateral, mundurlah dan lihat gambaran besarnya. Beberapa promosi dapat mengubah lintasan karier Anda, dan itu mungkin bukan hal yang baik.

"Jika (pekerjaan) ada di departemen atau peran yang tidak Anda bayangkan, pikirkan apakah itu bisa menjadi langkah yang baik untuk menaiki tangga karier atau apakah Anda lebih suka bergerak ke arah lain," kata ahli karier Alison Doyle.

Detail lain yang patut dipertimbangkan adalah, jika promosi akan menempatkan Anda pada posisi manajerial, ketahuilah bahwa sebagian pekerjaan Anda akan melibatkan mengawasi pekerja junior. 

Tidak semua orang menikmati pekerjaan seperti itu. Faktanya, penelitian dari perusahaan konsultan kepemimpinan DDI menemukan bahwa 18 persen orang dalam peran kepemimpinan langsung menyesalinya, dan 41 persen mempertanyakan apakah mengambil promosi adalah kesalahan.

Selain itu, Anda juga perlu ingat, semakin tinggi jabatan Anda, tentu waktu Anda pun akan terkuras untuk pekerjaan itu sendiri. "Anda mungkin memiliki banyak hal yang terjadi dalam kehidupan pribadi Anda, dan jika promosi ini akan mengambil lebih banyak waktu dan energi Anda, Anda mungkin tidak dapat menyulap semuanya dengan sukses," kata Doyle.

Hampir dua pertiga dari pekerja Amerika mengatakan, bos mereka mengharapkan mereka untuk bekerja selama akhir pekan. Menurut survei Enterprise Rent-A-Car 2017, 61 persen mengatakan bahwa mereka berjuang untuk sepenuhnya memutuskan hubungan pada hari libur mereka. 

Nah, maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengabil promosi jabatan, lebih baik tanyakan pada diri sendiri lebih dahulu, berapa banyak pekerjaan yang ingin Anda lakukan di luar kantor sebelum menyetujui promosi.

SHARE