Kanye West dan Kekayaannnya yang Salah Hitung - Male Indonesia
Kanye West dan Kekayaannnya yang Salah Hitung
MALE ID | News

Rapper asal Amerika Serikat, Kanye West, resmi masuk daftar miliarder. Berdasarkan data Forbes, Kanye West memiliki kekayaan sekitar US$1,3 miliar atau sekitar Rp20,26 triliun (US$1=Rp15,5 ribu).

Photo: David Shankbone/Wikipedia

Sebelumnya, Kanye West sudah berbulan-bulan mengajukan permintaan untuk masuk dalam daftar miliarder dunia kepada Forbes. namun ia ditolak karena kurang bukti terkait catatan keuangannya.

Kanye West mengaku telah menunjukkan bukti kekayaannya kepada Forbes bahwa dirinya memiliki kekayaan USD 890 juta atau Rp 13,7 triliun, tapi Forbes tetap menolaknya. pada 2020 Kanye West akhirnya menjadi rapper AS kedua yang masuk daftar Forbes setelah Jay-Z. 

Gelar miliarder itu didapatnya berkat kerja sama dengan produsen alat olahraga asal Jerman, adidas, untuk mempromosikan sepatu yang dinamai Yeezy. Satu pasang sepatu Yeezy hasil kerja sama Kanye West dengan Adidas dibanderol paling tidak US$200 atau sekitar Rp3,1 juta per pasang di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya.

Selain penjualan sepatu, kekayaan Kanye West juga berasal dari usaha real estate dengan pembagian US$81 juta untuk bangunan dan US$21 juta untuk tanah. Tim internal keuangan rapper tersebut juga melaporkan Kanye West memiliki US$17 juta uang tunai dan US$35 dalam bentuk saham serta surat-surat berharga. 

West Kalim Forbes Salah Hitung
Setelah dinyatakan menjadi rapper terkaya, tapi nyatanya Kanye West tidak terima atas perhitungan yang dilakukan oleh Forbes. Menurut West, Forbes disebut salah hitung dan mengecilkan jumlah atas kekayaan bersih yang sebenarnya. "Aku tak hanya punya satu miliar. Aku memiliki 3,3 miliar dolar," ungkapnya.

Editor money mag Forbes, ‘Zack O’ Malley Greenburg, mengoreksi estimasi kekayaan West (42 tahun) menjadi sebesar 1,3 miliar dolar AS. West mengirim pesan pendek pada staf majalah dengan menyebut mereka tidak tahu cara menghitung kekayaan bersih yang sebenarnya, yakni sebesar 3,3 miliar dolar AS.

Dilansir melalui Pagesix.com, editor senior menulis bahwa rapper "I Am a God" mengirim pesan kepada tim berbunyi, '(Kekayaan) itu bukan satu miliar, ini 3,3 miliar dolar AS, karena tidak ada seorang pun di Forbes yang tahu bagaimana cara menghitung'.

Kemudian Forbes mulai menilai kembali nilai numerik West, setelah sang penyanyi mengajukan beberapa keluhan karena tidak ditampilkan dalam daftar miliarder mereka. Misalnya, seperti saudara ipar Kylie Jenner baru-baru ini dinamai miliarder termuda untuk tahun kedua berturut-turut.

Atas ketidakterimaan West, ia pun dilaporkan mengirimkan protes pada Forbes atas laporan tersebut. "Kau mempermainkan aku dan aku bersumpah atas nama Yesus jika aku tak akan menerimanya lagi," tulisnya.

SHARE