3 Alasan Bisnis Anda Terapkan Pembayaran Non Tunai - Male Indonesia
3 Alasan Bisnis Anda Terapkan Pembayaran Non Tunai
MALE ID | Works

Menurut Laporan Pembayaran Global 2018 dari Worldpay, penggunaan global pembayaran seluler diperkirakan meningkat menjadi 28 persen pada tahun 2022, melampaui kartu kredit dan uang tunai. 

Photo by Blake Wisz on Unsplash

Mengingat tren ini, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan untuk menghapus pembayaran tunai dari bisnis Anda secara keseluruhan. Sedikit mengagetkan memang jika tidak terbiasa, tetapi sebenarnya ada sejumlah manfaat. 

Mengutip laman Entrepreneur, setidaknya ada tiga alasan ini mengapa bisnis Anda meskipun terbilang masih kecil harus mempertimbangkan pembayaran non tunai.

1. Meningkatkan Efisiensi Checkout
Konsumen saat ini sibuk dan tidak ingin menghabiskan waktu menunggu dalam antrean untuk checkout. Itulah sebabnya perusahaan seperti Starbucks telah mempromosikan aplikasi pesanan dan pebayaran non tunai yang memungkinkan pelanggan membayar lebih awal. 

Selain itu, Amazon Go memimpin tren toko tanpa kasir. Para pembeli, datang ambil dan pergi. Menurut eMarketer, 43 persen pengguna internet AS lebih suka mencoba scan-and-go daripada menunggu dalam antrian checkout. Manfaat lainnya, Anda bahkan dapat melakukan bisnis saat bepergian.

2. Laporan Keuangan Lebih Mudah Dikelola 
Ketika bisnis Anda berurusan dengan uang tunai, Anda benar-benar harus menghitung setiap sen. Ini bisa membuat frustasi. Tetapi dengan pembayaran seluler atau digital, setiap transaksi dilacak dan dicatat secara otomatis.

Artinya lebih sedikit ruang untuk kesalahan dan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk penghitungan dan pencatatan transaksi secara manual. Anda juga akan menghemat waktu dengan tidak harus lari ke bank untuk mendapatkan gulungan uang receh atau melakukan setoran harian. 

Selain itu, dengan data real-time tentang arus kas bisnis Anda, Anda akan lebih mampu mengenali peluang untuk perbaikan dan membuat keputusan bisnis yang terinformasi untuk meningkatkan laba Anda lebih banyak lagi. 

3. Mengurangi Risiko
Untuk alasan yang jelas, menyimpan uang tunai meningkatkan risiko pencurian. Anda tidak hanya perlu khawatir dirampok oleh penjahat acak, tetapi sayangnya, Anda juga harus khawatir tentang karyawan Anda sendiri yang mengambil dari berangkas Anda. 

Belum lama ini, pemilik Baltimore's Park Cafe & Coffee Bar berbicara dengan The Baltimore Sun tentang kehilangan uang setelah dirampok dengan todongan senjata lima kali dalam empat bulan. Pemilik memiliki beberapa kekhawatiran tentang pelanggan setia yang tidak memiliki kartu kredit, tetapi ia berkomitmen untuk bekerja dengan pelanggan tersebut untuk menyediakan kartu hadiah kepada mereka.

Secara keseluruhan, kehilangan uang tunai dapat meningkatkan keselamatan bagi karyawan Anda sambil menjaga aset perusahaan Anda tetap aman. Pergi tanpa uang tunai bukanlah pilihan yang tepat untuk setiap bisnis, dan Anda harus mempertimbangkan basis pelanggan Anda. Tetapi jika pelanggan Anda cerdas dan loyal, mereka akan bertahan melalui revolusi tanpa uang tunai.

SHARE