Cara Makan Sehat dengan Anggaran yang Rendah - Male Indonesia
Cara Makan Sehat dengan Anggaran yang Rendah
MALE ID | Sex & Health

Sebagian besar makanan sehat tidak benar-benar menghabiskan biaya sebanyak. Jika Anda ingin membuat rencana makanan sehat sesuai anggaran Anda, Anda dapat dengan mudah memotong biaya sekitar harga yang sama dengan yang Anda bayar untuk junk food.

Photo by Marcel Heil on Unsplash

Menemukan beberapa makanan sehat dengan anggaran rendah salah satunya dengan membuat makanan dalam jumlah besar. Hal ini akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Percaya atau tidak, jika Anda menemukan makanan untuk dibuat dengan bahan-bahan serupa, Anda dapat dengan mudah menyimpan lebih banyak uang daripada ketika Anda makan tidak sehat di luar sana.

Nah, selain membuat atau menyiapkan makanan besar, masih ada beberapa cara lainnya. Menurut laman Life Hack, setidaknya ada lima cara lain agar Anda bisa makan sehat dengan anggaran yang rendah.

Kurangi Makanan Ringan
Makanan ringan memang enak untuk menemani hari santai Anda. Tetapi ketika Anda menyiapkan ini di rumah, tentu anggaran Anda akan membengkat tiap bulannya. Maka dari itu, mulai sekarang ucapkan selamat tinggal pada makanan ringan.

Sebagai gantinya, Anda bisa membeli bahan makanan seminggu penuh seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan di pasar tradisional. Saat Anda pergi ke pasar tradisional, Anda bisa mendapatkan harga yang cukup terjangkau meski membeli cukup banyak.

Tetap pada Protein yang Lebih Terjangkau
Setiap orang tentunya suka akan steak. Sayangnya, membeli potongan daging yang belum dimasak dapat membengkakan anggaran. Alih-alih membeli itu, cobalah membeli ayam atau telur beku. Anda bahkan dapat mencoba menjadi vegetarian untuk beberapa makanan jika Anda benar-benar ingin mengurangi biaya untuk mendapatkan makanan sehat dengan anggaran rendah.

Beli Buah dan Sayuran Beku
Selain menyukai daging, hampir semua orang juga menyukai buah dan sayuran segar. Nah, untuk mendapatkan harga yang terjangkau, terkadang Anda perlu membeli buah dan sayuran beku. 

Buah dan sayuran paling mudah dikirim saat dibekukan, menjadikannya pilihan yang jauh lebih murah. Selain itu, Anda juga perlu tahu, bahwa produk beku dipetik langsung dan dikirim segera. Buah segar cenderung dipetik lebih awal sehingga akan matang saat dikirim.

Jangan Minum Kalori
Ketika Anda dudu di kafe untuk menikmati secangkir kopi, tentu harganya tidak seterjangkau Anda membuat sendiri di rumah. Maka dari itu, jika Anda benar-benar membutuhkan minuman khusus, cobalah membuat favorit Anda di rumah. Bawa kopi, buat kombucha, atau bahkan coba buat limun dengan stevia atau soda sehat. Anda akan terkejut dengan perbedaan besar yang dapat dibuat dengan perubahan kecil pada anggaran Anda.

Perhatikan Penyimpanan
Menyimpan makanan yang Anda miliki sama pentingnya dengan berapa banyak makanan yang ada di tempat pertama. Cobalah untuk memperhatikan tempat penyimanan, sehingga makanan tidak cepat busuk. 

Mungkin bukan ide yang buruk untuk merencanakan perjalanan belanja tambahan di tengah minggu untuk menjaga makanan tetap segar. Berinvestasi dalam wadah penyimpanan makanan yang baik bisa menghemat Anda dalam jangka panjang juga.

SHARE