Mengapa Anda Belum Menemukan Hubungan yang Baik? - Male Indonesia
Mengapa Anda Belum Menemukan Hubungan yang Baik?
MALE ID | Relationships

Mungkin kerap ada pertanyaan dalam diri, mengapa sampai sekarang Anda masih single dan belum menemukan hubungan yang baik, atau terus gonta-ganti pasangan alias selalu gagal dengan wanita yang Anda temukan. Apalagi ketika usia Anda mulai menginjak usia matang. Tentu ini membuat kekhawatiran tersendiri.

Photo by Shane on Unsplash

Putus asa kadang menjadi pikiran terakhir ketika seseorang belum menemukan hubungan yang baik. Kepercayaan diri kemudian menjadi turun, tidak ada harapan untuk mencari kembali, dan lebih cenderung pada kepasrahan.

Saat Anda mengalami keputusasaan, biasanya ini akan mendorong seseorang untuk menjauh. Mengutip laman Mind Body Green, ketika Anda sudah pada titik itu, Anda perlu menahan diri dan jangan sampai memasukinya lebih dalam. Jika sudah teralu masuk ke dalam, inilah penyebab keputusasaan dan rasa malu dalam diri makin tumbuh. 

Meskipun Anda mungkin malu karena tidak memiliki pasangan, kebenarannya adalah bahwa perasaan itu dihasilkan dari cara Anda memperlakukan diri sendiri. Dan untuk membebaskan diri dari perasaan putus asa dan malu itu, pasangan bukanlah yang Anda butuhkan. Anda memang membutuhkan cinta, tetapi cinta dari diri sendiri yang akan menyembuhkan Anda.

Jika Anda membayangkan perasaan sebagai bagian dari diri Anda, umpamakan itu adalah anak batiniah, penyembuhan berarti memutuskan untuk mengambil tanggung jawab untuk mencintai "anak batiniah" Anda, yakni perasaan diri Anda. Ini berarti mengenal dan menerima siapa diri Anda, dan pada intinya lebih baik merawat diri daripada terus menilai diri sendiri. 

Mudahnya adalah berarti Anda belajar untuk tetap fokus dalam tubuh Anda, sehingga Anda dapat hadir dengan perasaan Anda, seperti misalnya jika Anda ingin menjadi orang tua yang penuh kasih sayang dengan bayi yang Anda miliki, Anda akan memiliki monitor bayi. 

Mengasihi diri sendiri berarti Anda memiliki monitor "anak batin Anda", sehingga Anda dapat memperhatikan perasaan Anda kapan pun ketika Anda merasa kurang damai. Bahkan Anda dapat memperhatikan apa yang Anda katakan pada diri sendiri dan bagaimana Anda memperlakukan diri sendiri yang menyebabkan kecemasan, depresi, rasa bersalah, malu, putus asa, kemarahan, kesendirian, atau kekosongan. 

Ketika Anda belajar untuk mencintai diri sendiri daripada terus mengabaikan diri sendiri, Anda akan menemukan diri Anda bertemu dengan pasangan yang tersedia. Hanya menunggu waktu. 

SHARE