Kebiasaan Kerja yang Luar Biasa Agar Lebih Efisien - Male Indonesia
Kebiasaan Kerja yang Luar Biasa Agar Lebih Efisien
MALE ID | Works

Kebiasaan kerja adalah kecenderungan sikap, etika, perilaku, atau praktis yang Anda terapkan dalam mencapai kinerja puncak di bisnis atau tempat kerja Anda. Kebiasaan kerja yang baik membangun fondasi yang kuat untuk kinerja, efisiensi, kepercayaan, komunikasi yang efektif, kehadiran teratur, kepatuhan, manajemen waktu, ketepatan waktu, dan kolaborasi.

Photo by Tyler Franta on Unsplash

Apakah Anda pernah memperluas fungsi dan tugas pekerjaan Anda untuk membantu kolega Anda dalam upaya mencapai efisiensi dan produktivitas tim? Jika ya, Anda memiliki kebiasaan kerja yang baik.

Tapi itu belum semuanya. Orang-orang sukses mengerti bahwa mereka perlu menampilkan kebiasaan kerja yang luar biasa untuk menonjol. Menukil laman Lifehack, berikut adalah kerja yang luar biasa agar lebih efisien.

Prioritaskan MIT Anda
MIT (Most Important task) Anda di sini berarti 'Tugas Paling Penting' Anda. Tidak cukup memiliki daftar tugas, Anda perlu menetapkan Tugas Paling Penting Anda. Konsep di balik memprioritaskan MIT Anda didasarkan pada kenyataan bahwa beberapa kegiatan lebih penting daripada yang lain. 

 
 

Oleh karena itu, mengecek item-item pada daftar tugas Anda mungkin tidak cukup, karena Anda mungkin menyelesaikan tugas penting dan kurang penting. Jadi, apa pendekatan terbaik Anda?

Luangkan waktu beberapa menit untuk memilih 1 hingga 3 MIT, tugas yang harus Anda selesaikan sebelum hari berakhir, apa pun yang terjadi. Anda kemudian dapat menyalurkan energi Anda pada hal-hal yang penting dengan fokus baru, karena Anda tahu itu harus diselesaikan.

Batasi Penggunaan Media Sosial
Email, pemberitahuan dari platform media sosial, dan beberapa tambahan kecil, Anda dapat dengan mudah terganggu ketika mencoba untuk terlibat dalam pekerjaan yang produktif. Membatasi penggunaan media sosial adalah kebiasaan kerja yang baik yang dapat memengaruhi cara Anda mengatur waktu dan memanfaatkannya.

Berolah Raga Setiap Hari
Olahraga dan kebiasaan kerja memiliki keterkaitan. Alasannya, disposisi fisik Anda memengaruhi produktivitas pribadi. Inilah sebabnya mengapa olahraga akan menempati urutan teratas dalam daftar kebiasaan kerja yang luar biasa.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa latihan fisik adalah salah satu kebiasaan kerja penting yang Anda butuhkan jika Anda ingin menjadi lebih sehat dan menjalani kehidupan yang lebih bahagia. Olahraga akan membantu Anda mencapai kualitas tidur, memori yang dioptimalkan, kewaspadaan mental, dan konsentrasi yang lebih baik. 

Anda tidak dapat mencapai ini dengan gaya hidup yang tidak aktif. Itu bahkan akan berdampak pada kehidupan finansial Anda. Menurut Journal of Labour Research, mereka yang berolahraga setiap hari diketahui berpenghasilan rata-rata sekitar sembilan persen dibandingkan mereka yang hidup secara berdiam diri tanpa olahraga. 

Memanfaatkan Aturan 80/20
Anda harus fokus pada tugas yang paling signifikan. Prinsip 80/20 adalah pendekatan yang sangat baik untuk memprioritaskan tugas Anda.

Vilfredo Pareto, seorang ekonom Italia, menemukan prinsip itu. Ini dikenal sebagai prinsip Pareto. Menurut prinsip ini, 80% dari hasil Anda berasal dari 20% dari upaya Anda.

Untuk mengembangkan kebiasaan kerja yang baik, Anda perlu menemukan 20% aktivitas Anda yang paling bermanfaat. Kemudian, cari cara untuk mengurangi 80% dari jadwal Anda. Ini akan membuat lebih banyak waktu bagi Anda untuk fokus pada kegiatan yang paling berdampak.

SHARE