4 Hal Keren Ketika Anda Membuat Catatan Olahraga - Male Indonesia
4 Hal Keren Ketika Anda Membuat Catatan Olahraga
MALE ID | Sport & Hobby

Tidak banyak pria yang menuliskan rencana catatan olahraga mereka. Mungkin bisa saja karena kesibukan atau justru tidak dianggap penting. Padahal ini bagian paling dasar dari latihan.

Photo by Arthur Edelman on Unsplash

Menulis latihan Anda adalah hal yang jelas berteknologi rendah untuk dilakukan, namun jika Anda fokus pada hal-hal yang paling berarti bagi Anda dan pelatihan Anda, Anda dapat memperoleh manfaat serius dari alat motivasi dasar ini.

Melihat Kebiasaan
Salah satu kejutan terbesar yang terjadi adalah Anda bisa teratur dan dapat memperbaiki kesalahan gaya hidup Anda selama ini. Dalam laman lifehack, seorang binaragawan memiliki catatan ketika ingin latihan. Mulai dari kurang tidur, kesibukan aktivitas harian dan lain sebagainya. Karena menurutnya hal itu dapat memengaruhi kinerjanya selama latihan.

Bahkan sampai pola makan pun dicatat, penting ini dilakukan. Efeknya tentu ketika lupa akan hal tersebut, kekuatan tubuh tidak maksimal saat latihan. Inti dari membuat catatan ini adalah melihat kebiasaan, dan langkah pertama untuk mengubah sesuatu dalam diri menjadi lebih baik adalah memahaminya.

Mulai Bekerja Lebih Keras Berolahraga
Salah satu efek samping yang unik memiliki catatan olahraga adalah memaksa Anda untuk sedikit lebih jujur ??dengan diri sendiri di gym. Ini membantu Anda menjadikan olahraga lebih baik sebagai kebiasaan.

Meskipun tidak sama dengan memiliki pelatih, dan hanya bermodal catatan sendiri, setidaknya Anda tetap dalam program dan bertanggung jawab, efeknya serupa. Di mana Anda dapat melihat sendiri bagaiamana ketika Anda kehilangan hitungan saat latihan, dan itu dapat Anda rasakan ketika Anda mulai menulisnya. 

Memiliki Motivasi Konstan
Ketika orang berbicara tentang jurnal olahraga mereka, seringkali kata pertama yang mereka gunakan untuk menggambarkannya adalah "memotivasi!" 

Alasannya simpel, melakukan olahraga secara konsisten itu gampang-gampang susah untuk dilakukan. Sehingga di sinilah pentingnya menuliskan catatan soal olahraga Anda sendiri. Sehingga Anda kemudian memdapatkan motivasi kerana program yang Anda buat sendiri. Titik-titik kebanggaan dan motivasi itulah yang membantu Anda kembali lagi.

Dapat Mengembangkan Kesaran Diri yang Serius
Ketika seorang atlet mengerjakan squat mereka setiap hari selama seminggu, dan kemudian kecewa bahwa mereka tidak menambah 50 pound untuk lompatan squat mereka, itu adalah kurangnya kesadaran diri.

Ketika seseorang pergi ke gym tiga kali dalam satu bulan dan kemudian terkejut bahwa mereka tidak termotivasi untuk berolahraga, itu adalah kurangnya kesadaran diri juga. Jika Anda memahami cara Anda maju dan motivasi Anda sedikit lebih dala, Anda akan menghindari banyak hambatan dan yang menggelincirkan diri sendiri. 

Maka dari itu, penting untuk memiliki catatan olahraga sendiri. Selain terjadwal, terprogram, memiliki motivasi, dan akhirnya Anda pun dapat mengembangkan kesadaran diri yang serius, hanya dari catatan kecil yang Anda buat.

SHARE