Ini Tanda Teman Kantor Iri pada Karier Anda - Male Indonesia
Ini Tanda Teman Kantor Iri pada Karier Anda
MALE ID | Works

Kecemburuan merupakan salah satu emosi yang tidak langsung terlihat tetapi memiliki dampak besar pada pertumbuhan pribadi dan profesional seseorang. Terutama di kantor, rekan-rekan yang iri terkadang bisa menghambat atau bahkan menjatuhkan karier Anda.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Maka sebelum hal itu terjadi, tak ada salahnya Anda mengidentifikasi bagaimana tanda-tanda kolega di kantor yang iri, sehingga Anda harus mewaspadainya, seperti dikutip dari jagranjosh.com.

Meremehkan kesuksesan Anda
Gejala yang terlihat dari seorang kolega yang iri adalah ekspresi khawatir ketika Anda dihargai di kantor. Mereka akan sering membicarakan penghargaan atas kesuksesan dan keberuntungan Anda daripada kerja keras yang mereka hasilkan. Mereka akan berkata bahwa mereka tidak cukup beruntung untuk mendapatkan atasan yang baik. Dengan kata lain, mereka menganggap kesuksesan Anda adalah faktor keberuntungan dan kebetulan, tidak lebih dari itu.

Bagaimana menanganinya? Jika ini terjadi, jangan memberikan penjelasan kepada siapa pun tentang alasan kesuksesan Anda. Mereka akan menyerah jika berbicara menentang kesuksesan karier Anda.

Sering menyanjung Anda
Salah satu tanda yang paling terlihat dari seorang rekan kerja yang iri adalah mereka akan selalu memiliki pujian untuk Anda. Baik itu tentang cara berpakaian Anda, tas kantor Anda atau prestasi terkait pekerjaan Anda. Mereka akan menjadi orang pertama yang memberi selamat kepada Anda dengan kalimat-kalimat luar biasa dan berlebihan. Hingga pada satu titik waktu, Anda akan sulit mengetahui apakah pujian mereka benar-benar realistis atau tidak.

Bagaimana cara hadapinya? Ketika Anda merasa bahwa pujian itu palsu dan tidak masuk akal, jangan stres. Sangat mudah untuk berurusan dengan kolega tersebut. Abaikan saja komentar sanjungan mereka dan jangan balas dengan senyuman ketika mereka memuji Anda. Anda bisa juga meminta mereka untuk berhenti memberi pujian palsu. Lebih baik terus terang kepada mereka, karena sebelum Anda menyadarinya, mereka akan meninggalkan Anda sendirian.


Mereka merayakan kegagalan Anda
Jika Anda gagal melakukan pekerjaan karena suatu alasan, mereka akan menjadi orang yang pertama merasa puas. Kolega yang iri akan selalu menyimpan kebencian di hati. Mereka menikmati perasaannya ketika Anda menderita kekalahan. Maka jangan heran bila suatu saat Anda mengalami kegagalan, mereka akan puas atau bahkan merayakannya.

Bagaimana cara mengatasinya? Dalam organisasi, rekan yang iri sering meremehkan kolega yang berprestasi. Karena itu, Anda harus menghindari bergaul dengan mereka ketika Anda melihat mereka senang atas kegagalan Anda. Kolega seperti itu tidak akan berupaya menenangkan Anda ketika melihat Anda kesakitan.

Menyebarkan berita negatif
Teman kerja yang cemburu secara diam-diam sangat berbahaya untuk pertumbuhan karier Anda. Di belakang Anda, mereka sering bergosip tentang Anda. Ketika Anda mendengar desas-desus berita negatif tentang Anda, kemungkinan yang menyebarkan adalah teman dekat Anda yang memiliki sifat “musuh dalam selimut”. Kecemburuan itu membuat mereka akan menginvestasikan energi mereka untuk merusak citra Anda kepada atasan dan rekan satu tim Anda.

Bagaimana berperilaku dengan mereka? Jangan sedih dan stres, hadapi mereka! Bicarakan pada mereka untuk menghentikan kelakukan mereka itu. Anda juga bisa langsung menjelaskan masalah itu kepada atasan Anda atau bagian HRD (Human Resource Departement) di kantor Anda agar berita negatif tersebut bisa diklarifikasi kebenarannya.

SHARE