Tata Interior Apartemen Minimalis Agar Terasa Luas - Male Indonesia
Tata Interior Apartemen Minimalis Agar Terasa Luas
MALE ID | Relax

Menata interior apartemen gampang-gampang susah. Jika ruangannya besar, mungkin tak terlalu sulit. Namun bila ruangan apartemen Anda minimalis, bakal terasa cukup rumit menata barang-barang seperti furnitur dan aksesoris lainnya agar tak terlihat sempit.

Male IndonesiaPhoto by Nathan Van Egmond on Unsplash

Anda sekarang mungkin terpaksa bekerja di rumah karena aturan social distancing dan physical distancing di tengah pandemi virus corona (Covid 19). Jika Anda mendiami apartemen dengan ruangan kecil lantaran barang-barang interiornya memakan tempat, terkadang membuat Anda kurang semangat bekerja karena merasa sumpek.

Tetapi jangan putus asa dulu, berikut ada beberapa opsi untuk membuat ruang apartemen Anda yang kecil terasa lebih luas, seperti dilansir dari the national.

Pilih furnitur agak besar
Ketika Anda punya apartemen dengan ruangan minimalis, Anda biasanya mempersiapkan furnitur dan aksesorisnya dengan ukuran yang sesuai pula. Tetapi perlu diingat, jika Anda memiliki banyak benda kecil justru membuat ruangan penuh sesak dan terasa berantakan. Semestinya pilihlah furnitur dan aksesori yang agak besar untuk menciptakan tampilan lebih luas dan menarik.


Beberapa barang agak besar dengan jumlah sedikit akan terlihat lebih menyenangkan di ruang kecil daripada barang kecil dalam jumlah banyak. Misalnya, sofa modular akan memakan sedikit ruang ketimbang sofa dengan beberapa kursi. Ini berlaku juga untuk lukisan. Lukisan dengan bingkai agak besar akan jauh lebih efektif daripada mengacaukan dinding Anda dengan banyak bingkai kecil.

Biarkan cahaya masuk
Semakin banyak cahaya dari luar masuk ke apartemen Anda, semakin tak terasa sempit. Berapa pun ukuran jendela, gunakan setiap inci terakhirnya agar cahaya bebas masuk. Itu berarti hindari gorden/tirai jendela yang tebal agar tak menghalangi cahaya masuk dari bagian kedua sisi jendela.

Setelah cahaya masuk, pastikan sinarnya bisa memantul ke berbagai penjuru ruang. Jadi gunakan barang-barang yang permukaannya seperti cermin atau benda-benda bening untuk memantulkan cahaya dan memberikan ilusi lebih banyak ruang.

Warna langit-langit agak gelap
Kini banyak desainer interior menggunakan ilusi optik agar ruangan kecil terkesan besar. Salah satunya adalah memberi kesan langit-langit (plafon) lebih tinggi daripada yang terlihat sebenarnya. Caranya sederhana, langit-langit ruangan apartemen Anda warnanya harus agak lebih gelap dari dinding sehingga memberikan kesan lapang.

Selain itu, pasang rel atas gorden/tirai jendela lebih dekat ke plafon, bukan di bagian atas jendela. Garis vertikal dari kain gorden akan memperpanjang dinding sehingga membuat langit-langit tampak lebih tinggi dan ruangan seakan lebih luas.

Pencahayaan lampu
Anda juga harus menciptakan garis pandang sejauh mungkin, seolah-olah ruangan lebih luas dari ukuran sebenarnya. Untuk menciptakan ilusi seperti itu bisa melalui pencahayaan lampu.

Caranya, jangan hanya mengandalkan lampu yang terpasang pada plafon tengah ruangan. Memasang pencahayaan ambient (cahaya lembut) untuk lampu di sudut dinding, lampu meja, atau lampu uplighter yang biasa dipakai untuk menyorot tepi ruangan, selain mempercantik ruangan dan menciptakan suasana santai, juga bisa mendefinisikan ruangan menjadi lebih lapang.

SHARE