Peran Suara Anda Untuk Mencuri Hati Wanita - Male Indonesia
Peran Suara Anda Untuk Mencuri Hati Wanita
MALE ID | Relationships

Gaya bicara seseorang memiliki ribuan makna, serta intonasi suara yang berbeda-beda pula. Bukan sekadar kata-kata yang keluar dari mulut.

Male IndonesiaPhoto by Eliott Reyna on Unsplash

Hal itu bisa menimbulkan multi tafsir, apalagi jika dibarengi dengan ekspresi wajah atau gestur tertentu. Pertanyaannya, apakah intonasi suara berpengaruh besar dalam memunculkan kesan dominan di mata lawan bicara?

Sebagaimana dilansir dari The Independent, sebuah riset menemukan fakta, bahwa hanya mengubah intonasi suara, kita bisa menunjukkan dominasi saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya. Tidak peduli apakah orang tersebut berusia sebaya, jauh lebih tua hingga lawan jenis sekali pun.

Penelitian ini dipimpin oleh Jean Julien Aucouturier dari The French National Centre for Scientific Research di Paris. Bersama rekan-rekannya, ia meneliti kode sosial berdasarkan cara berbicara. Dengan menganalisis variasi nada berbeda dalam suara seseorang yang dapat membuat orang itu tampak lebih dominan atau bisa dipercaya.

Periset menggunakan metode yang biasa disebut “hubungan terbalik” guna menganalisis bagaimana varian nada berdampak pada dinamika sosial antar individu.  Sedangkan studi lain sebelumnya mengungkapkan signifikansi “pola intonasi”, yakni bagaimana penggunaan intonasi tinggi dan rendah mampu memengaruhi penilaian sosial.

Hasil penelitian menyimpulkan, cara paling efektif demi tampil dominan saat mengenalkan diri kepada orang lain yaitu menggunakan intonasi suara rendah atau menurun. Meski demikian, jika ingin terlihat sebagai orang yang lebih bisa dipercaya, cobalah terapkan nada bicara dengan nada tinggi pada akhir kalimat.

 
 

Para periset membuat sebuah program komputer yang diberi nama cleese. Program ini berfungsi menghasilkan ribuan variasi nada dari kata ‘halo’ serta telah dipakai dalam menguji cara mengucapkan kata ‘benarkah’ yang diucapkan dalam bahasa Prancis.

Melalui program komputer ciptaannya, para periset memutarkan ratusan ucapan salam (bahasa Prancis) kepada 44 responden dengan variasi nada yang berbeda. Mereka kemudian diminta menunjukkan versi kata yang menurut mereka terdengar lebih dominan atau lebih dipercaya.

Seluruh responden pada penelitian tersebut beranggapan, bahwa dominasi atau kepercayaan disiratkan oleh intonasi suara lewat cara yang sama. Walau begitu, penelitian Jean Julien dilakukan dalam bahasa Prancis. Belum diketahui apakah hasilnya akan 100% sama ketika diuji coba pada bahasa-bahasa lain. Bisa jadi justru berbeda.

SHARE