Bill Withers, Sempat Cicipi Akademi Angkatan Laut - Male Indonesia
Bill Withers, Sempat Cicipi Akademi Angkatan Laut
MALE ID | News

Bill Withers, penyanyi yang populer berkat lagu hits Ain't No Sunshine dan Lean On Me meninggal dikabarkan meninggal dunia karena komplikasi jantung pada akhir Maret 2020. Para penggemarnya menggambarkannya dalam sebuah pernyataan, Bill sebagai pria soliter dengan hati yang selalu terhubung untuk dunia.

Photo: onetwothreefourfive/Flickr

Dalam laman BBC, Bill Withers dikenal karena vokal baritonnya yang halus. Semasa hidupnya dia juga menulis beberapa lagu tahun 70-an yang paling diingat, termasuk Just The Two Of Us, Lovely Day dan Use Me.

Meskipun ia sempat berhenti rekaman pada tahun 1985, lagu-lagunya tetap berpengaruh besar di dunia musik R&B dan hip-hop. Bahkan lagunya, Lean On Me baru-baru ini dikaitkan dengan pandemi Coronavirus, dengan banyak orang memposting versi mereka sendiri untuk mendukung para petugas kesehatan.

"Kami sangat terpukul kehilangan suami dan ayah kami yang terkasih dan berbakti," kata keluarga Withers dalam sebuah pernyataan. "Dengan puisi dan musiknya, ia berbicara jujur kepada orang-orang dan menghubungkan mereka satu sama lain."

Bill Withers dikenal sebagai pribadi yang dekat dengan keluarga dan memiliki banyak teman akrab. Karya musiknya selamanya akan menjadi milik dunia. Ucapan belasungkawa pun mengiringi kepergian Bill Withers. 

Musisi AS, Chance the Rapper bahkan menggambarkan sosok Bill sebagai penyanyi yang terhebat dan mengingat beberapa kenangan pribadinya. Bintang dan aktor rock Lenny Kravitz juga memposting pernyataan, mengenang Bill Withers. "Suara, lagu, dan ekspresi totalnya memberi kami cinta, harapan, dan kekuatan".

Brian Wilson juga mengatakan, "Sangat sedih mendengar tentang meninggalnya Bill Withers." Sementara John Legend menambahkan bahwa, "hidup tidak akan sama tanpa dirinya dan musiknya."

Sempat Jadi Angkatan Laut
Lahir pada tahun 1938, Bill Withers adalah anak bungsu dari enam bersaudara. Ayahnya meninggal ketika dia masih kecil dan dia dibesarkan oleh ibu dan neneknya. 

Dalam laman Apnews, Bill Withers mendaftar di Angkatan Laut Amerika Serikat pada usia 17, dan bertugas selama sembilan tahun, selama waktu itu ia menjadi tertarik dalam menyanyi dan menulis lagu. Dia meninggalkan Angkatan Laut pada tahun 1965, dan pindah ke Los Angeles pada tahun 1967 untuk memulai karir musik. 

Dia belajar sendiri bermain gitar di tengah kerja shift-nya membuat kursi toilet untuk perusahaan pesawat Boeing, dan menggunakan upahnya untuk membayar sesi latihan di studio di LA. "Saya tahu bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang virtuoso untuk menemani diri sendiri," katanya ketika masih hidup pada majalah Rolling Stone pada 2015.

Dia merekam album pertamanya, Just As I Am, dengan Booker T Jones pada tahun 1970. Itu termasuk balada sedih, Ain't No Sunshine, yang membuatnya mendapatkan penghargaan Grammy pertamanya pada tahun berikutnya.

Laman Allmusic mencatat, Stax Records pendukung Booker T. Jones memproduksi album debut Withers, Just As I Am , dengan beberapa produksi bersama oleh Al Jackson, Jr. LP termasuk single charting pertamanya, "Ain't No Sunshine," yang menghasilkan emas dan membuat ke nomor enam R&B dan pop nomor tiga di musim panas 1971 dan memenangkan Grammy sebagai Lagu R&B Terbaik. 

Tindak lanjutnya, "Grandma Hands," memuncak di nomor 18 R & B pada musim gugur 1971. Lagu ini kemudian diliput oleh Staple Singers dan menerima pemutaran sebagai lagu dari 1973 Stax LP Be What You Are. "Just As I Am" menampilkan gitar utama oleh Stephen Stills dan mencapai nomor lima R&B di musim panas 1971.

Bill menulis "Lean on Me" berdasarkan pengalamannya tumbuh di kota pertambangan batubara Virginia Barat. Saat-saat sulit dan ketika seorang tetangga membutuhkan sesuatu di luar kemampuan mereka. Dia datang dengan progresi akor sambil mencari-cari piano elektrik Wurlitzer barunya. Suara akord mengingatkan Bill akan nyanyian-nyanyian pujian yang dia dengar di gereja.

Berangkat dari sana karier musiknya melesat. Bill juga kerap mendapatkan penghargaan Grammy Award atas karya-karyanya. Baik itu pada tahun 1988 dan 2014 silam. Pada April 2015, ia masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame oleh Stevie Wonder. 

Dia menggambarkan kehormatan itu sebagai "an award of attrition" dan berkata, "Betapa sedikit lagu yang saya tulis selama karier singkat saya, tidak ada genre yang tidak direkam. Saya bukan seorang virtuoso, tapi saya mampu menulis lagu yang bisa dikenali orang," kata Bill.

Sebelum meninggal dunia, sebuah konser penghormatan untuk menghormatinya diadakan di Aula Carnegie, Aloe Blacc, dimeriahkan oleh Ed Sheeran, Dr. John, dan Anthony Hamilton. Konser ini menciptakan kembali album konser Withers tahun 1973. Withers hadir dan berbicara singkat di atas panggung.

SHARE