Interaksi dengan Orang yang Tidak Anda Suka - Male Indonesia
Interaksi dengan Orang yang Tidak Anda Suka
MALE ID | Relationships

Dalam melewati hidup, kita selalu bertemu dan menghadapi orang dari berbagai macam latar belakang. Mulai pejabat berdasi hingga buruh pabrik, semuanya membutuhkan penanganan yang berbeda.

Male IndonesiaPhoto by Andre Hunter on Unsplash

Masalahnya, tidak semua orang bisa kita sukai karena sifat dan perbuatan mereka. Di momen tertentu, Anda harus menghadapi orang dengan pribadi yang bertolak belakang. Entah mereka berbuat kasar, jahat, memiliki bad attitude, korupsi serta masih banyak lagi.

Walau demikian, bukan berarti Anda harus membalas perbuatan orang itu lewat cara serupa. Tiada manfaat yang Anda peroleh dari hal tersebut. Sebagai pria Dewasa, cerdas dan bijak ada cara tersendiri guna menghadapi orang yang Anda benci. Seperti dilansir dari Lifehack, antara lain:

Menerima Perbedaan
Orang kerap beranggapan bahwa kehidupan yang baik adalah disukai semua orang. Padahal, itu agak mustahil. Saat berinteraksi, Anda pasti menemukan orang dengan nilai-nilai dan prinsip berbeda. Inilah penyebab orang saling membenci satu sama lain. Anda harus mampu menyikapinya secara jernih, sehingga tidak pusing memikirkan siapa yang Anda benci.

Tetap menjalin Komunikasi
Buruknya sikap orang membuat kita muak. Nah, orang cerdas tidak memutuskan hubungan begitu saja. Tetaplah menjalin komunikasi tanpa memedulikan sikapnya. Supaya pandangan Anda juga semakin luas.

Bersikap Sopan
Terlepas dari kebencian akan tingkah laku seseorang, Anda wajib memperlakukan orang lain dengan sopan. Apalagi jika ia berada di lingkungan kerja. Tunjukkan profesionalitas Anda, sehingga orang lain segan dan salut.

Ingat, Tidak Semua Orang Sesuai Harapan Anda
Salah satu alasan kita membenci orang lain adalah karena harapan kita terlalu tinggi kepadanya. Saat ia gagal memenuhi harapan itu, ujung-ujungnya hanya rasa kecewa. Perlu diingat, tidak semua orang mampu memenuhi ekspektasi Anda. Sesuaikan diri agar Anda tidak terganggu.

Fokus terhadap diri sendiri
Daripada memikirkan orang lain yang menyebalkan, alangkah baiknya Anda mengendalikan emosi dan fokus terhadap sendiri. Benahi persepsi, perilaku dan pikiran Anda sebelum meminta orang lain untuk berubah.

Utarakan secara langsung
Kalau ada tingkah laku kurang menyenangkan dari seseorang, utarakan secara langsung dan terbuka pada dirinya, jangan membicarakannya di belakang. Dengan begitu, ia tahu bahwa Anda tidak suka atas sikapnya.

Melebarkan jarak
Sewaktu Anda tidak berhasil melakukan seluruh cara di atas, segera menetapkan jarak darinya. Siapa tahu ia sadar dan menyesali perbuatannya. Excuse yourself and go on your way.

Memang terasa lebih mudah jika kita dapat melenyapkan semua orang yang kita benci. Sayangnya, hidup tidak bekerja dengan cara tersebut.

SHARE