Teknik Memotong Rambut Anda Sendiri di Rumah - Male Indonesia
Teknik Memotong Rambut Anda Sendiri di Rumah
MALE ID | Looks

Memotong rambut sendiri memang bukanlah hal yang mudah, atau bagi beberapa orang itu mustahil. Tetapi dengan kondisi pandemi virus, yang mengharuskan Anda tidak bertemu dengan orang lain di luar, mungkin adalah pilihan terakhir. Bahwa Anda harus memotong rambut Anda sendiri demi penampilan yang menawan.

Photo by Hai Phung on Unsplash

Memotong rambut sendiri bukan sebuah bencana besar, jika Anda tahu cara dan tekniknya. Ditambah lagi, dengan cara memotong rabut sendiri, Anda bisa lebih hemat dan bisa mencoba berbagai gaya rambut yang Anda inginkan sendiri.

Salah satu potongan rambut yang bisa Anda terapkan untuk memotong rambut sendiri adalah, potongan buzz. Potongan ini adalah salah satu potongan rambut paling abadi yang bisa didapatkan pria, dan ini juga yang termudah untuk dilakukan sendiri. 

Dengan beberapa alat sederhana dan sedikit latihan, Anda dapat memberikan diri Anda potongan buzz berkualitas profesional. Mengutip laman Art of Man Liness, begini cara melakukan potong rambut secara mandiri atau diri sendiri.

1. Siapkan Alat yang Tepat
Sebelum Anda memotong rambut Anda, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan alat yang tepat. Seperti gunting rambut (alat cukur) dan cermin yang bisa dipegang.

Sepasang gunting rambut yang baik akan membuat pekerjaan lebih cepat dan mudah. Jangan mencoba menggunakan gunting jenggot. Anda dapat menemukan gunting yang layak secara online atau di toko setempa. Sebagian besar gunting rambut harus memiliki beberapa ukuran pelindung. 

Jika Anda mencoba memutuskan antara kit, pilih satu yang memiliki penjaga alat cukur nomor #2 dan #3, karena ini adalah yang paling umum untuk pemotongan rambut buzz. Setelah Anda memiliki set gunting Anda sendiri, pastikan untuk membersihkan dan merawatnya setelah setiap kali digunakan.

Cermin tangan dasar, digunakan bersama dengan cermin kamar mandi Anda, akan membantu Anda melihat bagian belakang leher Anda untuk memotong rambut.

2. Memeriksa Kulit Kepala
Sebelum Anda siap menggunting rambut Anda, periksa kulit kepala Anda apakah ada benjolan atau tidak. Ketika ada benjolan akan membuat pekerjaan Anda dalam memotong rambut menjadi buruk untuk bentuk kepala Anda. Perlu diingat, tidak ada kepala yang bulat atau halus. 

Untuk memeriksa kepala Anda, cukup gerakkan jari-jari Anda dengan hati-hati di atas kulit kepala Anda, rasakan adanya ketidaknormalan yang mungkin tidak ingin Anda ungkapkan.

3. Mencuci Rambut
Gunting bekerja paling baik pada rambut yang bersih dan kering. Jika Anda tidak menggunakan sampo setiap saat, lakukanlah pembersihan rambut terlebih dahulu. Rambut berminyak lebih sulit untuk dipotong oleh pisau cukur, yang berakibat tidak rata. Setelah rambut Anda bersih, biarkan benar-benar kering sebelum Anda mulai memotongnya.

4. Mulai dari Atas
Sebagian besar tukang cukur melakukan pemotongan buzz berdasarkan aturan emas 3-2-1. Itu berarti penjaga alat cukur #3 di atas, #2 untuk samping, dan penjaga #1 untuk memotong tepi. Penjaga nomor 3 adalah hal yang biasa untuk memulai karena ini hanya sesingkat yang Anda bisa sebelum Anda mulai melihat kulit kepala Anda. 

Setelah Anda memilih ukuran pelindung alat cukur Anda, mulailah dari atas kepala Anda, gunakan gunting rambut Anda dari depan ke belakang. Gunting harus meluncur di sepanjang kulit kepala saat Anda bergerak mundur. 

Setelah Anda melakukan dari depan ke belakang di atas, kemudian dari sisi ke sisi bagian atas untuk memotong rambut yang berantakan. Setelah selesai, Anda bisa mulai dari samping. Bergeraklah dari bawah ke atas, memotong dengan arah pertumbuhan rambut.

5. Memotong Bagian Belakang
Ketika Anda siap untuk melakukan bagian belakang, berdirilah dengan punggung Anda ke cermin kamar mandi dan angkat cermin tangan Anda di depan Anda. Sesuaikan cermin tangan sehingga Anda dapat melihat bagian belakang kepala Anda terpantul di cermin kamar mandi. Pegang posisi ini saat Anda menjalankan gunting dari bagian belakang leher Anda ke arah atas kepala Anda.

6. Akhiri dengan Trim
Ada dua area utama yang harus dipotong setelah Anda selesai memotong rambut Anda, cambang dan bagian belakang leher Anda. Untuk memulai, pasang pelindung alat cukur nomor 1 ke gunting rambut Anda.

Untuk memotong cambang Anda, letakkan pangkal gunting rata dengan sisi wajah Anda, tepat di bawah cambang Anda. Geser perlahan gunting ke atas sampai tepi atas setinggi yang Anda inginkan cambang Anda. Kemudian, perlahan tarik gunting lurus melalui rambut dan menjauh dari wajah Anda.

Memotong bagian belakang leher Anda adalah bagian yang paling menantang dari potongan buzz. Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan cermin tangan untuk melakukan tugas presisi ini, Anda dapat meminta bantuan teman atau cukup meninggalkan garis rambut alami di belakang. 

Jika Anda memiliki leher berbulu mengesankan atau garis rambut asimetris yang tidak biasa, maka gunakan cermin tangan Anda untuk dengan hati-hati memotong garis lurus di bagian belakang leher Anda. Setelah garis lurus terbentuk, bulatkan sudut di setiap sisi untuk menyelesaikan pekerjaan pemotongan rambut secara mandiri Anda. 

SHARE