Lakukan Ini Sebelum Tinggalkan Kamar Hotel - Male Indonesia
Lakukan Ini Sebelum Tinggalkan Kamar Hotel
MALE ID | Relax

Tiap orang punya alasan mengapa beristirahat di kamar hotel. Biasanya jika sedang tugas di luar kota atau berwisata. Ada yang sendirian, dengan pasangan, ataupun bersama keluarga tercinta.

Male IndonesiaPhoto by Roberto Nickson on Unsplash

Ketika akan meninggalkan kamar hotel (check out) usai menginap, ada orang (tamu hotel) yang sengaja membiarkan kamar tersebut berantakan dengan sampah berserakan. Namun ada juga yang mau membereskan dan merapikannya meski itu bukan kamar pribadinya.

Berikut ada beberapa saran yang harus Anda lakukan sebelum meninggalkan kamar hotel. Terutama jika menginap bersama keluarga. Mengapa mesti dilakukan? Ini jawabannya dirangkum dari readersdigest canada.

Periksa di bawah tempat tidur dan lemari
"Saya selalu berlutut dan memeriksa di bawah tempat tidur dan di bawah meja rias," kata Suzanne Markham-Bagnera, mantan manajer umum di hotel dan asisten profesor di School of Hospitality Administration di Universitas Boston. Menurut dia, anak-anak terkadang suka menyembunyikan sesuatu, dan kemudian melupakannya.

"Anak-anak baru menyadari mainannya atau bukunya tertinggal di kamar hotel begitu mereka sudah di dalam mobil. Sementara mobil sudah jauh berjalan meninggalkan hotel, tidak mungkin balik lagi ke hotel," ujarnya.

Tinggalkan handuk di wadah pakaian kotor
Markham-Bagnera menyarankan agar tamu hotel meletakkan semua handuk di wadah/bak pakaian kotor yang biasanya tersedia di dalam kamar mandi, terutama jika handuk masih basah bekas dipakai.


Dengan demikian Anda telah membantu petugas housekeeping hotel mempermudah pekerjaannya. “Petugas kamar hanya perlu mengambil satu tumpukan kain kotor pada tempatnya. Itu memudahkan tugasnya,” kata Markham-Bagnera.

Periksa kembali isi kulkas
Jika Anda membeli makanan dan minuman dari luar hotel lalu memasukannya ke dalam kulkas di kamar hotel, maka sebelum check out lebih baik periksa kembali. Jika ada makanan dan minuman yang belum sempat Anda konsumsi, apakah ingin Anda bawa kembali? Ataukah Anda biarkan ditinggal di dalam kulkas?

“Beberapa tamu ada yang meninggalkan minuman kaleng atau minuman alkohol miliknya sebagai tip untuk petugas pembersih kamar hotel. Tetapi kebijakan masing-masing hotel berbeda, apakah petugas itu mau menerimanya atau tidak,” kata Markham-Bagnera.

Pastikan charger handphone dibawa
Banyak terjadi orang ketinggalan charger handphonenya di suatu tempat. Biasanya begitu selesai ngecas handphone, charger dibiarkan beberapa waktu masih lengket di colokan listrik.

Begitu pula di kamar hotel. Lantaran belum waktunya check out, charger dibiarkan menyangkut di colokan listrik. Namun lupa dibawa saat meninggalkan kamar hotel. Bila jadwal Anda masih lama bepergian dan sering menggunakan handphone, tak membawa charger tentu cukup merepotkan. Meski ada powerbank, paling hanya bisa digunakan beberapa jam, sementara powerbank itupun harus dicas lagi nantinya.

Siapkan uang tip
Petugas pembersih kamar hotel biasanya mendapat gaji kecil. Bahkan ada yang hanya dibayar per jam kerja. Mereka bekerja cukup keras dan berharap dapat uang tip dari tamu.

SHARE