Bill Rieflin, Drummer yang Tak Menetap Satu Band - Male Indonesia
Bill Rieflin, Drummer yang Tak Menetap Satu Band
MALE ID | News

Drummer kawakan Bill Rieflin yang pernah berkolaborasi dengan sejumlah band rock, dinyatakan meninggal dunia di usianya yang ke-59. Ia dikenal dalam karyanya bersama sejumlah band seperti R.E.M., Ministry, dan King Crimson.

Photo: Koavf/Wikipedia

Dalam laman Ace Showbiz, Bill Riefllin meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker yang menggerogoti tubuhnya. Rekannya di band metal Ministry, Robert Fripp, menuliskan pesan perpisahan untuk Bill Rieflin. "Terbanglah, Saudaraku Bill! Hidupku jauh lebih kaya hingga tak terukur, karena mengenalmu," tuturnya.

"Hari ini kita kehilangan artis hebat, manusia hebat yang menjadi bagian dari perkembangan dan kesuksesan Ministry. Hati-hati di jalan sahabat, dalam perjalanamu di pertunjukan langit selanjutnya," tulis Ministry dalam akun Twitter mereka.

Akun Instagram resmi R.E.M juga mengunggah pesan perpisahan yang ditulis oleh sang vokalis, Michael Stipe. "Dan Bill sekarang, ia berada di antara para bintang yang kita tatap dengan penuh cinta dan dengan ingatan kita tentang keindahannya, humornya, rasa ingin tahunya yang tak berkesudahan, dan tentunya telinganya yang hebat dalam soal musik, hidupnya bersama kita begitu berharga," kata Michael. 

Dikenal Sebagai Additional Drummer 
Bernama lengkap William Frederick Rieflin, ia adalah anggota perintis dari dunia musik industri yang berkembang pada pertengahan 1970-an. Ia memulai karir musik di kota asalnya Seattle, bermain dengan sejumlah band termasuk The Blackouts yang terdiri dari Rieflin dan saudaranya Raymond serta Paul Barker. Barker kemudian bergabung dengan Ministry.

Barker membawa Rieflin ke keluarga musikal besar Ministry pada awal 1990-an, dan ia bermain dengan kelompok itu bersama Revolting Cocks, Pigface, dan Chris Connelly. Sebagai seorang multi-instrumentalis, Rieflin juga bekerja sebagai artis solo dan merilis rekaman solo. Bersama grup KMFDM, ia juga memainkan drum, keyboard, bass, dan bernyanyi.

Ia mulai tampil dengan King Crimson pada 2013 pertama sebagai drummer dan kemudian kembali sebagai keyboardist. Bukti multitalenta lainnya, ia tampil dengan Swans sangat memukau dan bermain drum di album Robbie Williams "Take the Crown" dalam waktu yang sama.

Rieflin memang dikenal sebagai drummer yang tidak bergabung hanya di satu grup saja. Ia justru lebih sering menjadi additional drummer. Dalam sebuah penghormatan yang diposting di situs web resmi REM , penyanyi Michael Stipe mencatat bahwa Rieflin menciptakan “beberapa kolaborasi ajaib dan indah serta persahabatan seumur hidup.

“(Dia sekarang) di antara semua poin bagus dari bintang-bintang dan kami mencari dengan cinta - dan dengan penghormatan kami sendiri untuk kecantikannya, humornya, keingintahuannya yang tak kenal lelah dan tentu saja telinga musiknya yang luar biasa, waktunya di sini dengan kami sangat berharga dan emas," Stipe menambahkan seperti dikutip dari kshe95.

Bassis REM Mike Mills memposting di Twitter pribadinya mengatakan, bahwa Bill Rieflin adalah seorang pria yang lembut, tetapi dia bisa mengalahkan drum dari satu set drum. Polymath musikal, sangat cerdas dan sangat lucu. "Saya akan kehilangan berbagi kegelapan dan tawanya. Kata-kata benar-benar tidak cukup," cutinya.

Raja Crimson Robert Fripp juga memposting penghargaan yang mengatakan, “Terbanglah dengan baik, Brother Bill! Hidup saya jauh lebih kaya karena mengenal Anda."

SHARE